PERBANDINGAN TAFSIR KATA FAQIR DAN MISKIN DALAM AL-QUR’AN

Muhammad Nurzansyah

Abstract


AbstrakMakalah ini membahas tentang pengertian fakir dan miskin dari tiga pandangan, menurut bahasa dan istilah, pengertian keduanya menurut para penafsir Al-Qur‟an dan pengertian keduanya menurutulama fiqh. Penulis menggunakan studi kepustakaan dengan metode tematik perbandingan di mana penulis menggunakan beberapa kamus bahasa Arab untuk menggali pengertian secara bahasa dan istilah. Untuk mengetahui pendapat para penafsir Al-Qur‟an, maka penulis menggunakan 5 tafsir dengan 2 metode yang berbeda yaitu metode tafsir bi al-ma‟thur dan metode tafsir bi al-ra‟yi.yaitu : Tafsir Al-Qur‟an al-„Adzim karya Ibnu kathir, Al-Siraj Al-Munirkarya al-Syarbaini, ,al-Nasafy karya al-Nasafy dan al-Dur al-Manthur fi al-Tafsir al-Ma`thur Karya al-Suyuthi,dan Al-Kasysyaf „An Haqaiq al-Tanzil Wa „Uyun al-Aqawil Fi Wujuh al-Ta‟wil karya al-Zamakhsyary. Penulis juga menggunakan buku fiqh untuk mendapatkan pengertian keduanya dari para ulama fiqh. Dapat disimpulkan di sinibahwa (1) Pengertian fakir menurut bahasa adalah orang yang bangkrut yang membutuhkan sesuatu yang mencukupi kebutuhannya. Sedangkan kata miskin adalah orang yang diam tidak mampu bergerak atau berusaha dikarenakan kondisi kemiskinan yang menimpanya. (2) Para mufassir berbeda-beda di dalam menafsirkan kata fakir dan miskin. Ada yang mengatakan bahwa orang fakir lebih lemah kondisinya daripada orang miskin. Sebagian lagi berpendapat bahwa orang miskin lebih lemah kondisinya daripadaorang Fakir. Ada mufassir myang menyamakan istilah Fakir dan miskin. Di samping itu ada pula yang membedakannya dengan menggunakan keterangan dari hadith nabi SAW dari Abu Hurairah R.A. (3) Dalam term fiqih, orang fakir adalahorang yang membutuhkan berbagai hal yang iatidak sanggup untuk memeenuhinya. Sementara orang miskin adalah orang yang memiliki pekerjaan akan tetapi tidak dapat mencukupi berbagai kebutuhan hidupnya.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKAAl-Qur‟an dan Terjemahnya, Kementrian Agama Republik Indonesaia.Al-Ma‟any „Araby-„Araby. Online dictionary.Anis, Ibrahim, et.al.,Al-Mu‟jam al-Wasith, ( Mesir, Dar al-Ma‟arif:1973), Cet Ke-8, Juz II, h,197. Baqi, al, Muhammad Fuad Abdu, Al-Mu‟jam al-Mufahras Li alfadz Al-Qur‟an al-Karim,(Beirut, Dar al-Fikr: 1994), Cet.Ke-IV.IbnZakariya, Abu al-Husain Ahmad Ibn Farisi, Mu‟jam Al-Maqayis Fi Al-Lughah, (Beirut, Dar Al-Fikr, 1994), Cet. Ke-1.Kathir, Ibnu, Tafsir Al-Qur‟an al-„Adzim,(Riyadh, Dar Kunuz Eshbelia,2009), Cet. ke-VIII, Jilid I.Nasafy, al, Abdullah Ibn Ahmad Ibn Mahmud, Tafsir al-Nasafy, al (Beirut, Dar al-Kitab al-„Araby, t.th), JuzII.Sabiq, al-Sayyid, Fiqh al-Sunnah, (Beirut, Dar al-Kitab al-„Araby, T.th), Juz I.Suyuthi, al, al-Dur al-Manthur fi al-Tafsir al-Ma`thur, (Beirut, Dar al-Fikr:2011), Juz 4.Syarbainy,al, Syamsuddin Muhammad Ibn Muhammad,Al-Siraj Al-Munir, (Cairo, Al-Quds,2018), Cet.ke-I.Referensi: https://tafsirweb.com/9915-quran-surat-az-zariyat-ayat-19.htmlZamakhsyari, al, Al-Kasysyaf „An Haqaiq al-Tanzil Wa „Uyun al-Aqawil FiWujuh al-Ta‟wil,(Kairo, Al-Quds: 2018), Cet.Ke I, Juz I.https://www.kbbi.web.id/faqirhttps://www.kbbi.web.id/miskin




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4210

Article Metrics

Abstract - 1473 PDF - 4517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang