UPAYA MENGENALKAN ASMAUL HUSNA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Pengenalan Asmaul Husna bisa dimulai saat anak mulai memasuki pendidikan usia dini. Namun
cara-caranya berbeda dengan orang dewasa. Pendidikan anak usia dini harus menyenangkan,
dengan konsep bermain atau dengan cerita-cerita yang mudah dicerna oleh anak usia dini, sehingga
anak senang dan tidak terbebani. Pengenalan Asmaul Husna pada anak usia dini dapat dilakukan
dengan menggunakan metode bercerita yang tepat yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak usia
dini. Pemilihan media dan teknik bercerita juga mempengaruhi pemahaman anak. Semakin menarik
metode, teknik dan media yang digunakan maka akan siswa akan makin paham dengan asmaul husna
yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
dua siklus pada siswa TK A (usia 4-5 tahun). Hasil penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan
mendengarkan cerita, kemampuan memahami inti cerita dan asmaul husna serta pemahaman bahasa
yang dipakai sehingga dapat disimpulkan bahwa pengenalan asmaul husna dengan metode bercerita
mudah dipahami oleh anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Al Qudsy, Muhaimin dan Ulfah Nurhidayah, 2010, Mendidik Anak Lewat Dongeng, Yogyakarta: Madania
Arabi, Ibnu. 2015, Rahasia Asmaul Husna: Mengungkap 99 Nama Allah. Jakarta: Turos.
Arikunto, Suharsimi, 2017, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
El Qudsy, Hasan. 2014, The Miracle of 99 Asmaul Husna. Surakarta: Ziyad Book.
Fadlilah,Muhammad, 2012, Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Gunarti, Linda.dkk 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Ute.
Ihsan, Nurul dan Rani Yulianti, 2007 Asmaul Husna for Kids, Oase Mata Air Makna, Bandung.
Montolulu, dkk, 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Ute
Santrock, John W. 2009. Life Span Development Perkembangan masa hidup. Jakarta.
Suyadi dan Maulidya Ulfah, 2013, Konsep Dasar Paud, PT Remaja Rosdakarya Bandung, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.4556
Article Metrics
Abstract - 1076 PDF - 1411Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.