PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V DAN KELAS VI SD ISLAMIC VILLAGE KELAPA DUA TANGERANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari obyek penelitian yaitu para siswa di SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 58 responden dari 165 populasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang dijabarkan secara deskriptif.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter.
Abstract
This study aims to determine and test empirical data related to the influence of parenting patterns and the school environment on character formation separately or simultaneously. In this study, the authors used a survey method with a correlational and professional approach to quantitative data obtained from the object of research, namely students at SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. The sample of this study was 58 respondents from 165 populations. The data collection is done by using a questionnaire / questionnaire, observation, and documentation. The type of analysis used is regression analysis which is described descriptively.
Keywords: Parenting Parenting, School Environment, Character Building.Full Text:
PDFReferences
A.Tabrani Rusyan, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005
Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 1995
al-Jamaly Muhammad Fadhil, Meneraba Krisis Pendidikan Dunia Islam, Jakarta: 2003
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988
Djamaludindan Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 1998
Echols, M John dan Hasan Sadhily, Kamus Bahasa Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1992
Nursito, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Putra, Haidar Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembeharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007
Qaimi Ali, Mengajarkan Keberanian dan Kejujuran pada Anak, Bogor: Cahaya, 2003
Roqib Moh., Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, keluarga, Dan Masyarakat, Yogyakarta: LKIS, 2009
Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandi, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Rajawali Pers, 2011
Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Arruz Media, 2013
Tabrani, H. Primadi, Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Usman Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Usman, Uzer. Menjadi guru profesional, Bandung: Rosdakarya, 2001
Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV. Andy Offset, 2010
Winardi, Asas-Asas Manajemen, Bandung: Penerbit Alumni, 1983
Yamin, Martinis dan Maisah.Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi Meningkatkan Mutu
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Predana Media Group, (2012)
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.4647
Article Metrics
Abstract - 480 PDF - 494Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.