PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V DAN KELAS VI SD ISLAMIC VILLAGE KELAPA DUA TANGERANG

Ahmad Ghozali, Lukmanul Hakim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari obyek penelitian yaitu para siswa di SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 58 responden dari 165 populasi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, serta dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang dijabarkan secara deskriptif.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter.

 

Abstract

This study aims to determine and test empirical data related to the influence of parenting patterns and the school environment on character formation separately or simultaneously. In this study, the authors used a survey method with a correlational and professional approach to quantitative data obtained from the object of research, namely students at SD Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. The sample of this study was 58 respondents from 165 populations. The data collection is done by using a questionnaire / questionnaire, observation, and documentation. The type of analysis used is regression analysis which is described descriptively.

Keywords: Parenting Parenting, School Environment, Character Building.

Full Text:

PDF

References


A.Tabrani Rusyan, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 1995

al-Jamaly Muhammad Fadhil, Meneraba Krisis Pendidikan Dunia Islam, Jakarta: 2003

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988

Djamaludindan Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: PustakaSetia, 1998

Echols, M John dan Hasan Sadhily, Kamus Bahasa Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1992

Nursito, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Putra, Haidar Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembeharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Qaimi Ali, Mengajarkan Keberanian dan Kejujuran pada Anak, Bogor: Cahaya, 2003

Roqib Moh., Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, keluarga, Dan Masyarakat, Yogyakarta: LKIS, 2009

Syamsu Yusuf dan Nani M. Sugandi, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Rajawali Pers, 2011

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Arruz Media, 2013

Tabrani, H. Primadi, Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Usman Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Usman, Uzer. Menjadi guru profesional, Bandung: Rosdakarya, 2001

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV. Andy Offset, 2010

Winardi, Asas-Asas Manajemen, Bandung: Penerbit Alumni, 1983

Yamin, Martinis dan Maisah.Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi Meningkatkan Mutu

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Predana Media Group, (2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i2.4647

Article Metrics

Abstract - 368 PDF - 412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang