PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH IV KOTA TANGERANG

Sah lani, Muh Turizal Husein, Fathi Halimi, Ibnu Asqolani

Abstract


ABSTRAK

Hal terpenting dalam pendidikan adalah menanamkan nilai-nilai spiritual kepada siswa-siswi. Pemikiran Hamka Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Peroses Belajar Mengajar Di SMP Muhammadiyah IV Kota Tangerang. Penelitian menunjukan pemikiran Hamka, menekankan aspek nilai Islam di dalam proses belajar mengajar. Bahwa pendidikan bukan hanya sekedar mempelajari ilmu pengetahuan dunia semata. Tetapi yang paling terpenting adalah Ilmu agama, karena pendidikan itu semata-mata hanyalah mencari keridhaan Allah SWT. Pemikiran pendidikan Islam menurut Hamka adalah, (a) mengetahui keutaman ilmu, (b) memiliki niat yang kuat dalam menuntut ilmu, (c) memilih guru dan teman yang baik di dalam menuntut ilmu, (d) men-agungkan ilmu dan ulama, (e) tekun dan kontinue di dalam menuntut ilmu, (f) mematuhi tata tertib di dalam menuntut ilmu, (g) tawakal, (h) memanfaatkan waktu yang ada untuk mendapatkan ilmu, (i) mencari faidah ilmu yang di pelajarinya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin H. M,. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Indisipliner, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008).

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Yogyakarta: Rineka Cipta, 2006).

Abuddin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Depok: Raja Grafindo Persada, 2016).

Amirsyah, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, (Tangerang: Daqu Bisnis Nusantara, 2017).

Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).

Basyit Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, (Serang:Pustaka Getok Tular, 2017).

Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Mengajar, (Jakarta: PT Rinerka Cipta, 2009).

Departeman Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2000).

Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Jakarta: Pustaka Panji, 2007).

Harun Nasution, Islam Dari Berbagai Aspeknya, (Jakarta: UI pres, 2011).

Irfan, Ayah, (Jakarta: Republika, 2017).

Jakub Ismail, Terjemahnya Ihya Ulumudin, (Semarang: CV Faizan 2001).

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (Jakarta: PT Insan

Pustaka, 2013).

Karwono Dan Heri Mularsih, Belajar Dan Pembelajaran, (Depok: Raja Grafindo Persada Rajawali Pers, 2017).

Mulyana Deddy, Metedologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004).

Moleong Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002

Mansyur, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Forum, 2002).

Majid Nurcholish, Islam Agama Kemanusiaan, (Jakarta: Paramadina, 2013).

Muhadjir Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rakesarasin, 2002).

Mulyadi Agus, Pendidikan Islam Dan Kemajuan Sains, Rausyan Fikr Vol VI, Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Fakultas Agama Islam, (Tangerang 2013).

Nasution, Belajar Dan Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010).

Rusydi, Buya Hamka Pribadi Dan Martabat, (Jakarta: Noura Books, 2016).

Sunudyantro, Guru Besar Pendiri Bangsa, (Jakarta: PT Gramedia, 2018).

Sumarsono, Pendidikan Kewarganegaraan, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007).

Sanjaya Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008).

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Simbiosa, 2009).

Surachmad Winarno, Pengantar Intreaksi Belajar Mengajar, (Bandung: Penerbit Tarsito, 2003).

Sigarimbun Masri, Metode Penelitian Survai, (Jakarta: LP3ES, 2004).

Setyarso Budi, Guru Besar Pendiri Bangsa, (Jakarta: PT Gramedia, 2018).

Tafsir Ahmad, Metedologi Pembelajaran Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).

Tirtarahardja Umar, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta , 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v18i1.6068

Article Metrics

Abstract - 2007 PDF - 525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang