PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS VIII DI SMPIT TUNAS HARAPAN ILAHI KOTA TANGERANG

Zulkifli Zulkifli, Asep Abdurrohman, J. Anhar Rabi Hamsah Tis’ah, Nikmatullah Kusni

Abstract


ABSTRAK

Di era digital saat ini sangat dibutuhkan literasi digital. Literasi digital erat kaitannya dengan penguasaan  media dan teknologi digital dengan memahami berbagai konten digital, dan menggunakan alat komunikasi digtial dengan tepat yang dimana program literasi digital ini ada berbagai proses didalamnya seperti mencari, menemukan, berfikir kritis, kreatif dan inovatif  evaluasi dalam mengelola sebuah  informasi. Jika literasi digital dilakukan dan dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil  belajar PAI siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Data dianalisa dengan rumus persentase, rumus interval skor dan kategori, uji koefisien determinasi,  uji regresi linear sederhana, uji t dan uji lainnya. Populasi diambil pada kelas VIII dari 3 kelas yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang dipilih secara acak. Sampel ditentukan dengan rumus slovin didapatkan sampel berjumlah 69 siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata tingkat literasi digital siswa termasuk dalam kategori “sedang” dengan persentase (40,6%) . (2) Rata-rata Hasil Belajar PAI siswa adalah “sedang” dengan persentase  (39,1%). (3) Dan dari uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan N= 69 diperoleh thitung (2,092) > (1,996) ttabel  sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap hasil belajar PAI (Y) siswa kelas VIII di SMPIT Tunas Harapan Ilahi Kota Tangerang. Adapun kontribusi literasi digital terhadap hasil belajar PAI adalah sebesar 6,1 % dan 93,9 % dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Kata kunci: Literasi Digital, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Elpira, Bella “Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Ngeri Banda Aceh” (Skripsi S1 Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh,2018).

Evita Devega, “ Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos” di akses pada tanggal 16 Maret 2022 dari https://www.kominfo .go.id/content/detail/10862/teknologi–masyarakat–indonesia–malas–baca-tapi–cerewet–di–medsos/0/sorotan_media

Giovanni, Farleynia dan Neneng Komariah, “Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor” ”, ( Jurnal Libraria UNPAD, Vol 7, No.1, 2019)

Harjono, Hary Soedarto, “Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 8 No.1 Tahun 2018.

Hermita, Neni dkk. 2021. Inovasi Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Global Aksara Press

Lestari, Nurul Puji, “Miris Rendahnya Tingkat Literasi Indonesia”, artikel ini diakses pada tanggal 16 Maret 2022 dari https://www.tribunnews.com/ nasional/2021/03/22/tingkat–literasi–indonesia–di–dunia–rendah–ranking-62–dari–70–negara?page=2.

Liansari V dan Nuroh F.Z, “Realitas Penerapan Literasi Digital Bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Qudsiyah, Musyarofatul dan Enok Nurhasanah, “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Era Pandemik COVID-19 Siswa Kelas XI SMAN 6 Kota Tangerang Selatan”, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Vol.6 No.2 Tahun 2021

Riyanto, Galuh “Jumlah Pengguna Internet 2021 Tembus 202 Juta” artikel diakses pada 16 Maret 2022 dari https ://tekno.kompas.com/read/2021/02/ 23/16100057/jumlah-pengguna internet-indonesia -2021 -tembus-202-juta.

Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Sudjiono, Anas,. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sulianta, Feri. 2020. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya dan Perspektif Social Studies. Bandung: T.Pn

Sutrisno, Leo.2008. Hasil belajar. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i1.7950

Article Metrics

Abstract - 563 PDF (Bahasa Indonesia) - 778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang