KETERBACAAN TEKS BUKU AJAR BERPENGARUH TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Ahmad Fauzi, Nasrullah Nasrullah, Siti Zakiah

Abstract


ABSTRACT

Keterbacaan suatu teks dalam buku pelajaran merupakan salah satu kunci untuk memahami apa yang menjadi kandungan dalam setiap wacana yang dibaca. Dalam hal ini teks bacaan yang memiliki kesulitan berbeda perlu digarisbawahi oleh tenaga pendidik, agar menyiapkan bacaan yang sesuai tingkatan kelasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Negeri 1 Kota Tangerang yang berjumlah 270 siswa/i. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 160 siswa/i. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat keterbacaan teks buku ajar mata pelajaran Al-Quran Al-Hadist kelas VIII milik Kementerian Agama Republik Indonesia Bab II dengan tema “Kuberbagi Infak dan Sedekah Dengan Ikhlas” dikategorikan tidak sesuai dengan tingkatan

Kata kunci: Keterbacaan, Minat baca.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, A. (2020), Analisis Tingkat Keterbacaan Teks Dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia, Jurnal Literasi, Vol. 4 No. 2.

Anwar, Khoirul, dan Marzuki, Ismail,( 2021) Statistik Terapan. Yogyakarta: CV. Tangan Emas,

Arikunto, Suharsimi, (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Mendorong Budaya Baca Anak Indonesia. artikel diakses pada 9 April 2022 dari https://litbang.kemdikbud.go.id/berita-detail/21.

Basundoro, Yohannes Wedha. (2015) Tingkat Keterbacaan Wacana Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Tahun 2013 untuk SMK Kelas X Di SMK Negeri 4 Yogyakarta Berdasarkan Grafik Fry, Cloze Test, dan SMOG” (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/504/2/111224008_full.pdf diunduh pada tanggal 21 Mei 2020, pkl. 16.30

Dalman, Keterampilan Membaca.(2014). Jakarta : Rajawali Pers.

Darmandi, Hamid. (2013) Metode Penelitian Pnedidikan dan Sosial. Bandung: Aalfabeta.

Darwis, Amri. (2015) Metode Penelitian Pendidikan Islam; Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami. Pekanbaru: Suska Press

Dorothy U. Seyler,(2005) Read, Reason, Write An Argument Text and Reader, (New York:McGraw-Hill, 2005), buku diakses pada 21 April 2022 dari https://archive.org/details/readreasonwritea0000seyl_j4b9

Fatoni Abdurahman. (2011) Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta

Gilliland, John. (1972) Readability. London: University of London Press Ltd. P. 13 buku diakses pada 20 April 2022 dari https://archive.org/details/readability0000gill/page/n7/mode/1up?view=theater.

Hardjasujana, Slamet Ahmad, (2015) Evaluasi Keterbacaan Buku Teks Bahasa Sunda untuk Sekolah Dasar di Jawa Barat. Jakarta:Pusat

Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1999)

Hardjasujana, Slamet Ahmad, dan Mulyati, Yeti. (1996) Membaca 2. Jakarta: Depdiknas.

I Putu Ade Andre Payadnya , dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. (2018) Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

J.Moleong, Lexy.(2011) Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

KBBI Daring, kamus diakses pada tangaal 20 April 2022 dari https://kbbi.kemedikbud.go.id/entri/Keterbacaan. Diakses pada tanggal 21 April 2022

Kemendikbud, “ Mendorong Budaya Baca Indonesia 2018” artikel diakses pada 8 April 2022 dari https://litbang.kemdikbud.go.id/berita-detail/21.

Majid, Abdul. (2007) Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetemsi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhlisah, AM. (2015) Pengembangan Kognitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskakulia. Surabaya: Jurnal Kependidikan Islam Volume 6, Nomor 2.

Muslich, Masnur, (2010) Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Narbuko, Cholid, dkk.(1997), Metodologi Penelitian Jakarta: Bumi Aksara,

Nugroho, Adi, “Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Studi Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. (2016). Jakarta:Universitas Islam Negeri. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36165,diunduh pada tanggal 11 Juni 2022, pkl 01.30

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.Salinan

Prasetyo, Dwi Sunar, (2008) Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca. Yogyakarta: Think Jogjakarta.

Prastowo, Andi, (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Rahim, Farida. (2011) Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saebani, Ahmad Beni,(2008) Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Shaleh, Abdul Rahman,(2004) Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta Kencana.

Shofaussamawati. Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini. Jurnal Perpustakan Libraria. Volume 2 (Nomor 1: 46-59)

Sidik, Usup dkk. (2020). AL-QUR’AN HADIS kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Direktorat KSSK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Islam. Cet. Ke 1

Sinaga, Deddy, "Pentingnya Meningkatkan Minat Baca di Antara Kita" artikel diakses pada 9 April 2022 dari https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20180212120527-445 275550/pentingnya-meningkatkan-minat-baca-di-antara-kita

Sudarsana, Undang., dan Bastiano. (2010) Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukardi, Metodologi Penelitian. (2012) Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Suladi, dkk. (2000) Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa.

Surakhmad, Winarno. (1982) Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Tarigan, Henry Guntur. (2015) Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung:Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur, “Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia” (Bandung : Angkasa, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i1.8099

Article Metrics

Abstract - 309 PDF (Bahasa Indonesia) - 186 PDF (Bahasa Indonesia) - 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang