PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUKU TEKS SEKOLAH DASAR: STUDI ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS PAI DAN RELEVANSINYA DENGAN BUDAYA TUTUR PESERTA DIDIK

Asep - Abdurrohman, Mohammad In'ami, Zulkifli Zulkifli, Lukmanul Hakim

Abstract


Masalah karakter dalam kontek keindonesiaan menjadi penting, maka di dalam buku sudah semestinya banyak memuat pendidikan karakter. Melalui penelitian buku teks PAI jenjang Sekolah Dasar kelas 1 ini, peneliti ingin mengetahui sampai sejauh mana buku teks tersebut menyajikan pendidikan karakter melalui; penjelasan materi, gambar, symbol, tata letak tulisan, paragraph, sajian warna pada huruf dan gambar dan dinamika warna sesuai dengan ilustrasi. Analisis isi dapat dilakukan dalam tiga cara: analisis isi pragmatik, analisis isi semantik, dan analisis sarana tanda. Analisis isi pragmatik mengelompokkan tanda menurut sebab akibat yang mungkin terjadi, dan analisis isi semantik mengelompokkan tanda menurut maknanya. Analisis sarana tanda mempelajari teks dengan menghitung frekuensi kata atau simbol yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks PAI kelas 1 jenjang sekolah dasar banyak memiliki muatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang disajikan di dalam buku teks PAI, tidak saja fokus pada sajian materi yang bersifat deskriptif, tetapi bertransformasi kepada gambar, symbol, paragraf yang estetik, huruf yang mengandung warna, dan tata letak yang presisi. Meskipun di sisi lain, masih ditemukan sajian gambar yang mewakili habitus kelas menengah atas. Pada sajian pendidikan karakter buku teks PAI, mengandung tiga sajian utama pendidikan karakter, yaitu; sikap religious, rapih, dan estetik.


References


Ainur Rasyid, “Aspek Aspek Pendidikan Karakter pada Buku PAI: Analisis Pada Buku Teks PAI Sekolah Dasar”. Jurnal Edusience Vol. 1 No. 2 Februari 2016, 87. Dikutip dari https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/1535/1400

Mailita, “Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMP.” Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol. 9 No. 1 2019, hal. 95. Diakses https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/3118

Hasan Hakim dan Samsul Huda, “ Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Mapel PAI dan Budi Pekerti K13 SD”. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Berbasis Sains, Vol. 4 No. 2, 2019.

Sofyan TSauri, Pendidikan Karakter Peluang dalam membangun Karakter Bangsa, (Jember: IAIN Jember Press, 2015)

Kemendikbud, Buku Teks dan Pengayaan, (Jakarta: Balitbang Kemendikbud, 2017),

Ahmad Safiuddin, “Teori Tindak Tutur dalam Studi LInguistik Pragmatik,” dalam Jurnal Lite Vol. 15 No. 1, Maret 2017, h. 2

Eko Murdiyanto, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta Press, 2020).

Rachmat Kriyantono, Teknis Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010).

Klaus Krippendorff, Analisi Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, (Jakarta: Rajawali Press, 1933).

Usman DP, dkk, “Fitrah Manusia (peserta didik) dalam Perspektif Hadis.” Dalam Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Vol. Volume 3, Nomor 1, Juni 2023, 30

Rahmad Setyo Jatmiko dan Rian Damariswara, “Analisis bahasa kasar yang ditirukan Anak Remaja dari Media Sosial Tiktok di Desa Mojoarum, Tulung Agung.” Dalam Jurnal Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 15 No. 2, Juli 2022, 227

“awal mula terungkapnya kasus pencabulan 12 santri oleh seorang Guru Pesantren di bandung.” Diakses dari https://www.kompas.com/wiken/read/2021/12/12/073001681/awal-mula-terungkapnya-kasus-pencabulan-12-santriwati-oleh-guru-pesantren?page=all

Khansa Aqila dan Parihat Kamil, “Dampak Pemisahan Kelas Berbasis Gender terhadap Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis.” Dalam Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam Vol. 2, No. 2, 2022.

Tri Prasetyo Utomo, “Nilai-Nilai Estetika dalam Interior Arsitektur.” Dalam Jurnal Seni Rupa STSI Surkarta Vol. 3, No. 1, Januari 2006, 72

Dzulrizkia Rasyida, “Hadits tentang Allah Menyukai Keindahan.” Dalam Gunung Djati Conference Series, Volume 23, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i2.9290

Article Metrics

Abstract - 391 PDF (Bahasa Indonesia) - 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats