EFEKTIVITAS METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII PONDOK PESANTREN MODERN BANI TAMIM KECAMATAN PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG
Abstract
metode atau langkah-langkah dalam proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat berperan penting dan perlu mendapat perhatian serta dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan potensi dari para peserta didik yang diharapkan para peserta didik menjadi lebih disiplin dalam berbagai ilmu serta lebih aktif, mandiri dan berani. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sebuah metode kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data melalui tehnik observasi kegiatan di kelas, wawancara terhadap kepala sekolah, tenaga pendidik dan juga para peserta didik dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh tentang pembelajaran dengan menggunakan metode Inkuiri di Pondok Pesantren Modern Bani Tamim kelas VII dapat dikatakan baik dan berjalan sesuai dengan kriteria metode Inkuiri yang ada. Selain itu penerapan metode Inkuiri terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan menambah pemahaman serta kemandirian para peserta didik.
References
Ahmad Nurhakim, ”Pengertian model pembelajaran Inkuiri beserta tujuan, karakteristik, jenis dan contoh (Untuk Tenaga pendidik, Desember 2022)”, artikel diakses pada hari Selasa, tanggal 13 bulan Juni tahun 2023 dari https://www.quipper.com/id/blog/infotenagapendidik/modelpembelajaran-Inkuiri/
Aina Mulyana, “Pengertian, ciri dan langkah-langkah model pembelajaran Inkuiri”, artikel diakses pada hari Senin, tanggal 29 bulan Mei tahun 2023 dari website https://ainamulyana.blogspot.com/2019/07/pengertian-ciri-dan-langkah-langkah.html
C.R. Bogdan and S.J. Taylor, “Intruduction in Qualitative Research Methods : Pengenalan Metode Penelitian Kualitatif”, (New York; Jhon Wiley & Son Inc, 2000), h.54
Creswell, Jhon W. “Educational Research ; penelitian pendidikan. New Jersey :(Pearson Education. Third Edition, 2008)”, h.389
Dewantara, Ki Hajar, “Menuju Manusia Merdeka” (Yogyakarta; Leutika, 2009), h.15
Herman Anis, “kelebihan dan kelemahan model pembelajaran Inkuiri” artikel diakses pada 29 Mei 2023 dari https://hermananis.com/kelemahan-dan-kelebihan-model-pembelajaran-Inkuiri/
Jumanta Hamdayama, “Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter”, (Bogor; Ghaila Indonesia, 2014), h.31
Kunandar, “Tenaga pendidik Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Tenaga pendidik”. (Jakarta, Rajawali Press, 2010), h.371
Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung; PT.Remaja Rosdakarya, 2002), cetakan ke 9, h.15
“Metode pembelajaran: pengertian, macam-macam, fungsi dan tujuan” artikel diakses pada 20 Mei 2023 dari https://idcloudhost.com/blog/metode-pembelajaran-pengertian-macam-macam-fungsi-dan-tujuannya/
Mutakin, Indah Khoirul, “ Efektivitas penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Fiqih kelas IV IPA Madrasah ‘Aliyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri”, (Skripsi S1 Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), h.21
Ngalimun, dkk. 2015. “Strategi dan model pembelajaran”, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, hal.63)
Ngalimun, ”tujuan utama strategi model pembelajaran Inkuiri” artikel diakses pada 29 mei 2023. Dari https://www.asikbelajar.com/tujuan-utama-strategi-pembelajaran-Inkuiri/
Rachmatika, Ima, “Efektivitas peberapan moodel pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran PAI materi pokok wakaf peserta didik kelas X SMK Islamic Centre
Umi Wasilatur Rohmah, “pentingnya metode pembelajaran dalam hal bertani” diakses pada hari Sabtu, tanggal 20 bulan Mei tahun 2023 dari https://www.pituruhnews.com/2021/12/pentingnya-metodepembelajaran-dalam.html
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i2.9738
Article Metrics
Abstract - 340 XML - 65 PDF (Bahasa Indonesia) - 167Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.