EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR GOOGLE CLASSROOM

Ali Mubin

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan seluruh kegiatan termasuk dunia pendidikan dimana pemerintah mewajibkan pembelajaran jarak jauh. Sehingga guru dituntut untuk mampu menciptakan media belajar yang dapat digunakan peserta didik dari rumah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran online menggunakan media belajar google classroom siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media google classroom cukup efektif dalam pembelajaran online. Hal ini berdasarkan indikator pembelajaran efektif menurut Wotruba dan Wright didapatkan bahwa dalam google classroom pengorganisasiaan pembelajaran sangat efektif, antusiasme siswa cukup efektif, sikap positif guru terhadap peserta didik sangat efektif, pemberian ujian dan nilai yang adil sangat efektif, keluwesan pendekatan pembelajaran sangat efektif.


References


Amaliah, Lilis, dkk., Jurnal Semantik, Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Vol. 9 No. 1, ISSN: 2252-4657, 2020.

Darmadi, Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik, Bandarlampung: Pustaka Media, 2017.

Joenaidy, Abdul Muis, Remodelling Pembelajaran Bagi Guru, Yogyakarta: Huta Parhapuran, 2020.

Noor, Juliansyah, Metodologi Penelitian, Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

OWID, “Data Covid-19 di Indonesia” diakses pada 29 April 2021 dari https://ourworldindata.org/coronavirus-data

Suwarto, Perilaku Keorganisasian, Yogyaksarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2010.

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Widyastuti, Ana, Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i2.9739

Article Metrics

Abstract - 91 PDF (Bahasa Indonesia) - 56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang