HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN KEKERASAN VERBAL SISWA

ahmad fauzi, Ateria Ateria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar pendidikan agama islam dengan kekerasan verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 101 siswa dan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan rumus slovin dengan tingkat kepercayaan 95% dan error margin yang diambil 5% sehingga jumlah responden sebanyak 81 siswa. Kemudian teknik analisis datanya mengggunakan uji deskriptif, normalitas, homogenitas, korelasi, dan koefisien determinasi sehingga dapat diketahui hasil penelitiannya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara hasil belajar pendidikan agama islam dengan kekerasan verbal siswa kelas VIII di SMP PGRI 396 Kelapa Dua Kabupaten Tangerang dengan derajat korelasi sangat lemah sehingga Ha diterima.


References


Agustin, M, Saripah, and A. Deni Gustiana, “Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak Dan Faktor-Faktor Latar Belakangnya.” Ilmiah PGTK, PAUD, Dan DIKMAS 13, no. 1 (2016).

Ali, Muhidin Sambas, dan Maman Abdurrahman, Analisis Korelasi Regresi dan Jalur Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS), (Bandung: Pustaka Setia, 2007).

Anwar, Khoirul, Ismail Marzuki, Statistik Terapan, (Yogyakarta: Cv Tangan Emas, 2021).

Aloysius Rangga Aditya Nalendra, d, Statistika Seri Dasar Dengan SPPS. Media Sains Indonesia (2021).

Apriadi, and Muammar Khadafie, “Peran Lembaga Pendidikan Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 4, no. 3 (2020).

Arifin, Zaenal Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik, (Tangerang: PT Pustaka Mandiri, 2015), hal.140, Cet ke-2.

Bahruddin, Teori Belajar dan Pembelajaran (Jogjakarta: Arruz Media,2010).

Barker, The Social Work Dictionary.(Abu Huraerah, 2007, Child Abuse (kekerasan terhadap anak), Bandung: NUANSA.

Cordoba, Al Qur’an QS Az-zariyat.

-------, Al Qur’an QS Hujurat.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009).

Evans, Patricia, The Verbally Abusive Relationship, Expanded Third Edition: How to Recognize it and How to Respon (1996).

Hamarman, Stephanie, and William Bernet, “Evaluating and Reporting Emotional Abuse in Children: Parent-Based, Action-Based Focus Aids in Clinical Decision-Making.” Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry 39, no. 7 (2000).

Hijrawanti, “Islam Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas VIII Sebelum Pandemik Covid-19 Dengan Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa” Skripsi UIN Alauddin Makassar, 2021.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017).

Kesatu, Buku, Aturan Umum, and Bab X V I Penghinaan, “Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Khotimah, Chusnul. Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Kenakalan Siswa SMP N 1 Cepiring Kendal “Universitas Islam Negeri Walisongo Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.” Eprints.Walisongo.Ac.Id, no. June (2020).

Kingsley, Horward, The Nature and Conditions of Learning, (New Jersey: Prentice Hall Icn, 1957), Dikutip Oleh Bella Nurmalasari, Hubungan Antara Hasil Belajar PAI Dengan Akhhlak Peserta Didik, (2021).

Kunandar, Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum (Jakarta: Rajawali Pers, 2013).

Mehta, C.R., and Patel, N.R. “SPSS Exact Tests.” SPSS16.0 Manual, no. January (2007): 1–220.

Moersetyo, Subana, Sudrajat, Statistik Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2000).

Muna, Yuuinul, “Analisis Ayat Tentang Verbal Abuse Berbeentuk Body Shaming Dalam Al Quran A. Term Verbal Bullying Dalam Alquran,” 2020.

Nawawi, K. Brahim. 2007:39 (Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 2015).

Nisa, Ufti Rosyidatun, and Lena Nessyana Pandjaitan, “Hubungan Antara Empati Dengn Kekerasan Verbal Pada Siswa Siswi SMAN X.” Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember 17, no. 2 (2021).

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2001).

Putri, Annora Mentari, Agus Santoso,“Persepsi Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak.” Jurnal Nursing Studies 1 (2012).

Sodik, Mohamad, Yosef Farhan Dafik Sahal, and N. Hani Herlina, “Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019).

Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2012).

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005).

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung : Alfabeta cv, 2009).

-------, Metode Penelitian Bisnis. (Bandung : Alfabeta, 2012).

-------, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dab R&D (Bandung, CCV Alpabeta,2014).

Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Supardi, Supardi U. S “Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian Dan Kecerdasan Emosional” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3, no. 2 (2015).

Wibowo, Fitriardi, and Rd. Billy Parancika, “Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Di Era Digital Sebagai Faktor Penghambat Pembentukan Karakter” Paper Knowledge Toward a Media History of Documents, 2014.

Yuliardi, Ricki dan Zuli Nuraeni, Statistika Penelitian: Plus Tutorial SPSS, (Yogyakarta: Innosain, 2017).

Zulkifli, Ilmu Pendidikan Islam, (Tangerang: Semi Media Pustaka, 2020).

WEBSITE

Makarim, Mufti. “Memaknai Kekerasan.” Lembaga Studi Dan Advokasi Masyarakat,2012,http://referensi.elsam.or.id/wpcontent/uploads/2014/12/MEMAKNAI-“KEKERASANâ€. Diakses pada 10 maret 2023.

Samsudin, Crusita Maharani, Fenomena Body Shaming dalam Pandangan Islam, https://www.google.com/qmp/s/www.brilio.net/amp/creator/fenomenabody-shaming-dalam-pandangan-islam-63ebbc.html. Diakses pada 12 mei 2023.

SIMFONI PPA, https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan. Diakses pada 15 juli 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i2.9769

Article Metrics

Abstract - 193 PDF (Bahasa Indonesia) - 99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang