REBRANDING DESAIN KEMASAN KUY ICE CREAM DI KAWASAN PINANG INDAH KOTA TANGERANG

Heri Wijayanto, Ahmad Adam Junior

Abstract


Abstract. This study aims to design a packaging identity for kuy ice cream engaged in the beverage and food sector or what is often called Food and Beverage (F&B) located in the Pinang Indah Area, Tangerang City as a strategy to innovate and build a strong image by branding packaging designs. The research method used is a qualitative method with a design approach. The focus of this research is to create unique packaging with decorative illustration designs and added handles to the packaging to make it easier for children to carry it. The first step involves collecting data through research, observation and interviews to form a design mix that fits the rebranding values. The visual design process includes the selection of colors, typography, illustrations and other graphic elements that reflect the identity of an attractive package.

Keywords: Rebranding, Packaging Design, Ice Cream Illustration

Abstrak. Penelitian ini bertujuan merancang identitas kemasan kuy ice cream yang bergerak di bidang minuman dan makanan atau yang sering disebut Food and Beverage (F&B) yang berlokasi di Kawasan Pinang Indah Kota Tangerang sebagai strategi menginovasi dan membangun citra kuat dengan mem-branding desain kemasan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan desain. Fokus penelitian ini adalah menciptakan kemasan yang unik dengan desain ilustrasi dekoratif dan ditambahkan pegangan pada kemasan agar memudahkan anak-anak dalam membawanya. Langkah awal melibatkan pengumpulan data melalui riset, observasi dan wawancara untuk membentuk paduan desain yang sesuai dengan nilai-nilai rebranding. Proses perancangan visual termasuk pemilihan warna, tipografi, ilustrasi dan elemen grafis lainnya yang mencerminkan identitas sebuah kemasan yang menarik.

Kata Kunci : Rebranding, Desain Kemasan, Ice Cream Ilustrasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, A., Agung, G., Hendriyanto, R., Hidayat, A. M., Aulia, P., Aziz, F., Ferlina, A., Trenggana,

M., Novandriani, N., Moeliono, K., Wijayangka, C., & Widodo, A. (2022b). GERAKAN

REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN

KEMASAN UMKM. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 05, Issue 01).

https://doi.org/xxx

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah

Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi

‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry.

Foster, B., Reyta, F., Johansyah, M. D., Nadeak, B., & Sormin, E. (2020). Peranan Desain

Kemasan dan Branding Dalam Peningkatan Citra Merek Produk Usaha Unggulan Bandung

Selatan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada

Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan,

(2), 479–485.

Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan

Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA:

Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118.

Kusumah, W. I., Kusumawati, D. N. I., Wibisono, W., & Darma, A. D. (2021). Desain kemasan

produk UMKM bir pletok sebagai branding meningkatkan citra minuman khas tradisional

Jakarta di masa Covid-19.

Marta, R., & Hasfera, I. P. (2021). City Branding Berbasis Kearifan Lokal. Al-Ma’arif: Ilmu

Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(2), 229–238.

Prameswari, N. S. (2018). Strategi branding melalui inovasi desain kemasan bagi home industry

sabun cair. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan

Periklanan, 3(02), 179–198.

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N.

(2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara

Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK, 1(1).

Rismawarni, R., Mukti, B., & Sukoco, S. (2022). Visual Branding Usaha Mikro Kecil Menengah

Budidaya Jamur Kuping Agro Jaya Melalui Desain Kemasan Dan Logo. Surakarta

Informatic Journal, 4(2), 1–5.


Article Metrics

Abstract - 49 PDF - 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.