PERANCANGAN DESAIN MAJALAH B’SCOUT CREATIVE PADA KEPRAMUKAAN HIZBUL WATHAN BANTEN
Abstract
Abstract
In addition to utilizing online media, information delivery is also through conventional media. An example of conventional print-based media is magazines. The advantage of magazines over others is that they have a specific news character. For example, like in scouting organizations. Scouts are active in learning aspects of entrepreneurship, as a form of character development. B'Scout Creative, is a media network for scouts at the branch level under the auspices of Hizbul wathan Banten. Which, provides assistance in the realm of healthy development, science and also business. This design aims to create a new design for B'Scout Creative magazine, to increase reader interest. The approach method used, is a combination of qualitative and quantitative methods. The goal is to get more accurate and complete data. This design is applied in the form of print-based magazine media, with the theme of creativity in the entrepreneurial world (creative entrepreneurship). In conclusion, this magazine is under the auspices of scouting. However, the discussion in this magazine is not always about scouting activities. Data collection methodology, in the form of literature study, observation, interviews, and questionnaires. The concept of application to the design of B'Scout Creative magazine, which is a printed magazine media with the theme of creative entrepreneurship.
Keywords: Magazine, Design, |Entrepreneurship, Creative.
Abstrak
Selain memanfaatkan media online, Penyampaian informasi juga melalui media konvensional. Contoh dari media konvensional berbasis cetak, adalah majalah. Keunggulan Majalah dibanding lainnya, yaitu memiliki karakter berita yang spesifik. Contohnya Seperti pada organisasi kepramukaan. Pramuka aktif dalam mempelajari aspek kewirausahaan, sebagai bentuk dari pengembangan karakter. B’Scout Creative, merupakan media jejaring pandu tingkat ranting di bawah naungan kepanduan Hizbul wathan Banten. Yang dimana, memberikan pendampingan dalam ranah bina sehat, ilmu dan juga usaha. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan desain baru terhadap majalah B’Scout Creative, guna meningkatkan ketertarikan pembaca. Metode pendekatan yang digunakan, merupakan gabungan dari metode kualitatif dan kuantitatif. Tujuannya, yaitu untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan lengkap. Perancangan desain ini diaplikasikan dalam bentuk media majalah berbasis cetak, bertemakan kreativitas dalam dunia wirausaha (wirausaha kreatif). Kesimpulannya, majalah ini berada dibawah naungan kepanduan. Namun pembahasan dalam majalah ini tidak selalu tentang kegiatan pramuka. Metodologi pengumpulan data, berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Konsep pengaplikasian terhadap desain majalah B’Scout Creative, yaitu media majalah cetak bertemakan wirausaha kreatif.
Kata kunci: majalah, desain, wirausaha, Kreatif
Full Text:
PDFReferences
Afdhal, V. E. (2018). Perancangan E-Commerce Berbasis Marketplace Produk Seni Budaya
Minangkabau. Jurnal KomtekInfo, 5(1), 122–129.
https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i1.13
Anggarini, A. (2021). Desain Layout (N. Martina & M. Fauzy (eds.)). PNJ Press.
https://press.pnj.ac.id/book/Anggi-Anggarini-Desain-Layout/
Anindita, M., & Riyanti, M. T. (2016). Tren Flat Design dalam Desain Komunikasi Visual. Dimensi
DKV, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://dol.org/10.25105/jdd.v1i1.1816
Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting Strategi Sukses Membangun Bisnis dan
Meningkatkan Pemasaran. ANAK HEBAT INDONESIA.
Ginting, J., & Triyanto, R. (2020). Tinjauan Ketepatan Bentuk, Gelap Terang, Dan Warna Pada
Gambar Bentuk Media Akrilik. In Gorga : Jurnal Seni Rupa (Vol. 9, Issue 2).
https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.20118
H Irene, D. A. (2019). Analisis Perkembangan Elemen Desain Cover Majalah Gogirl! 3(02), 519–
Kandow, V. N., Rondonuwu, D. M., & Punuh, C. S. (2017). Manado Trans Studio PRINSIP
KOMPOSISI DESAIN. 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35793/daseng.v6i2.17083
Kasmawati. (2021). Penggunaan Media Bulbar (Buletin Bahasa Arab) untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa dan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Materi نم یومیا ت الأرسة Siswa Kelas
VII-2 MTsN 5 Pidie. Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi, 2(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jp2v.v2i1.2767
Kusuma, A., & Ratnasari, A. (2022). Pelatihan “Pengenalan Ruang Tinggal yang Baik” sebagai
Metode Pembelajaran Awal Arsitektur bagi Pelajar. Prosiding Konferensi Nasional
Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 2022, 5,
–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v5i0.1603
Maulana, S. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi (T. H & A. L. F (eds.)). Penerbit Yrama Widya.
Nugrahani, R. (2019). Seni Ilustrasi Ragam Narasi dalam Bahasa Visual (E. Sugiarto (ed.)). LPPM
UNNES.
Nusantari, dwi dian. (2021). Majalah Cetak yang Tetap Bertahan di Era Digital dan Upaya
Perpustakaan Nasional dalam Melestarikannya. Perpustakaan Nasional.
https://depbangkol.perpusnas.go.id/news/detail/majalah-cetak-yang-tetap-bertahan-di-eradigital-dan-upaya-perpustakaan-nasional-dalam-melestarikannya
Pradana, B. I., & Safitri, R. (2020). Pengaruh Motivasi Wirausaha dan Mental Wirausaha terhadap
Minat Wirausaha. IQTISHODUNA, 16(1), 73–82.
https://doi.org/https://doi.org/10.18860/iq.v16i1.6797
Sari, Y. M., & Sihombing, R. M. (2021). Analisis Visual Desain Buku Ilustrasi Nanti Kita Cerita
Tentang Hari Ini. Bhagirupa, 1(1), 9.
Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual (B. Anangga & F.
Maharani (eds.); Revisi). PT KANISIUS.
Sucipto, F. D., Yuda, R., Wijaya, R. S., & Ghifari, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain
Komunikasi Visual. Eureka Media Aksara.
Suyahman. (2022). Kepramukaan dan hizbul wathan (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.
https://play.google.com/books/reader?id=xI6VEAAAQBAJ&pg=GBS.PP2
WOSM. (2017). WOSM’s Membership Report.
Yusron, A. H., & Kusumandyoko, T. C. (2022). Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban.
Seni Rupa, 10(3), 49–62.
Article Metrics
Abstract - 172 PDF - 56Refbacks
- There are currently no refbacks.