PERANCANGAN DESAIN KATALOG PADA MENU SULTAN MASAKAN TIMUR TENGAH DI TANGERANG SELATAN SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PROMOSI

Arief Sulistiyono, Rangga Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain katalog untuk restoran Sultan Masakan Timur
Tengah di Tangerang Selatan, sebagai media pendukung promosi. Restoran Sultan menawarkan
hidangan khas Timur Tengah yang telah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Tantangan utama
dalam perancangan katalog ini adalah kurangnya informasi dalam buku menu yang ada di
restoran Sultan Masakan Timur Tengah, karena sebagian besar menggunakan nama hidangan
yang terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, diperlukan katalog yang tidak hanya
informatif, tetapi juga menarik secara visual agar dapat membantu pelanggan dalam memilih
hidangan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan
data observasi langsung ke lokasi restoran, wawancara dengan pemilik restoran, serta studi
pustaka dari penelitian terdahulu. Katalog ini dirancang dengan memperhatikan elemen-elemen
desain, tata letak, dan fotografi makanan yang sesuai dengan standar desain komunikasi visual.
Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelanggan terhadap
produk yang ditawarkan dan mendorong tingkat penjualan restoran Sultan.


Kata Kunci: Makanan Timur Tengah, Katalog, Sultan Masakan Timur Tengah, Media, Promosi.


Full Text:

PDF

References


Anggarini, A. (2021). Desain Layout (N. Martina & M. Fauzy (eds.)). PNJ Press.

Aqsal, M. A., & Duku, S. (2023). Media massa Studi Kepercayaan Publik Terhadap Pemberitaan

Media Konvensional Dan New Media Di Kelurahan Prabumulih. Jurnal Ilmu Komunikasi

Dan Media Sosial …, 3(1), 215–224.

http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/621%0Ahttps://www

.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/download/621/561

Aryani, D. (2022). Strategi Komunikasi Marketing Ajwad Resto Dalam Mempromosikan Kuliner

Halal Timur Tengah [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61599

Asthararianty, & Lesmana, F. (2020). Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry

Riana. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.18.1.13-19

Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Desintha, S. (2019). Persepsi Visual terhadap Dekorasi Fotografi Makanan di Imah Babaturan

Bandung. Waca Cipta Ruang, 5(2), 388–392. https://doi.org/10.34010/wcr.v5i2.2287

Dwi Fatmawati, P., & Surya Patria, A. (2023). Perancangan Katalog Produk UMKM Wawa Food

And Cookies. Junal Desgrafia, 1(1), 133–144.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/

Ekawatiningsih, P., Komariah, K., & Purwanti, S. (2008). Restoran.

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh

terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.

https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam

Penelitian Bahasa, 1(1), 305.

Gatma, L. R., & Logiana, A. D. (2018). PERANCANGAN KATALOG TAMARA WEDDING

ORGANIZER SEBAGAI MEDIA PROMOSI. 2.

Hananto, B. A. (2020). Tinjauan Tipografi dalam Konteks industri 4.0. Seminar Nasional Desain

Dan Arsitektur (SENADA) 2020, 3, 132–139. https://eprosiding.stdbali.

ac.id/index.php/senada/article/view/278

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi.

Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. UMSIDA Press.

https://doi.org/https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7

Hidayat, W., Andriansyah, A., & Wulandari, R. (2018). Rancang Bangun Media Desain Katalog

Penunjang Informasi Dan Promosi Pt Global Bangun Mandiri. Journal CERITA, 4(1), 44–

https://doi.org/10.33050/cerita.v4i1.627

Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk

Sebagai Media Promosi. SENSI Journal, 2(2), 184–197.

https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752

Iswandi, H. (2021). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Besaung : Jurnal

Seni Desain Dan Budaya, 3(3), 100–

https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.493

Kusumo, R. O., Bangsa, P. G., & ... (2019). Perancangan Fotografi sebagai Media Promosi

Pariwisata Pantai Kedung Tumpang, Pucanglaban, Tulungagung. Jurnal DKV ….

Lazubta, Ariska, D. (2014). Pengaruh Promosi Bmt Sinar Laut Gempolsewu Terhadap Minat

Menabung Siswa Di Mi Muhammadiyah 01 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten

Kendal. July, 1–23.

Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard

Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan

Akuntansi, 7(4), 5495–5504.

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran

Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku.

Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717.

https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Parolinda, D. L., & Ramdan, A. M. (2019). Perbandingan Kualitas Citra BMP Steganografi dengan

Ruang Warna RGB dan CMYK.

Researchgate. https://www.researchgate.net/profile/Dwian-Luisana-

Parolinda/publication/338140376_Perbandingan_Kualitas_Citra_BMP_Steganografi

_dengan_Ruang_Warna_RGB_dan_CMYK/links/5e01ec7592851c8364966a1e/Perb andingan-

Kualitas-Citra-BMP-Steganografi-dengan-Ruang-Warna-

Rosita, D. Q. (2022). Analisis Tipografi pada Logotype dan Konten Instagram @Souri.Bkk

Signature Box. Jurnal Desain, 9(3), 415. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983

Saputra, D. A., & Rohmad Dwi Happy, H. (2021). Katalog Foto Toko Djadjan Apel Malang

sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 5(1), 36.

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i1.628

Sumaryati, C. (2013). Desain II. 1, 64–69.

Sunarto, W. (2013). Gaya Desain Tinjauan Sejarah (S. Sondakh (ed.)). Pascasarjana IKJ.

Suparyanto dan Rosad. (2020). Prinsip Pada Desain Grafis. Suparyanto Dan Rosad, 5(3),

–253.

Syahrul, Y., & Palcomtech, P. (2019). PENERAPAN DESIGN THINKING PADA MEDIA

KOMUNIKASI VISUAL PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA

BARU. 2(2), 109–117.

Syofiadisna, P. (2020). KAJIAN IKONOGRAFI DAN IKONOLOGI TERHADAP TIGA IKON

GAJAH DI DALAM GEREJA SAINT PIERRE AULNAY PRANCIS PADA

ABAD KE-12 Study of Iconography and Iconology About Three Elephants Icon Within Saint

Pierre Aulnay Church in French 12th Century. Kalpataru, 29(1), 51–64.

http://jurnalarkeologi.kemdikbud.go.id/index.php/kalpataru/article/view/739.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE (Desain Komunikasi Visual).

Turosida, K., & Patria, A. S. (2022). Fotografi Makanan Sebagai Media Promosi “Susi Cake and

Crispy.” Barik, 3(2), 138–

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/47227%0Ahttps://ejournal.

unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/download/47227/39481

Unonongo, W., Warouw, D., & Tulung, L. (2015). Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya

Beli Gadget Samsung Di Kota Manado. E-Journal Acta Diurna, 4(5), 1–12.

https://www.neliti.com/id/publications/92615/fungsi-promosi-dalam-meningkatkan- daya-beligadget-

samsung-di-kota-manado


Article Metrics

Abstract - 1 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.