PERANCANGAN DESAIN KATALOG PADA MENU SULTAN MASAKAN TIMUR TENGAH DI TANGERANG SELATAN SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PROMOSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain katalog untuk restoran Sultan Masakan Timur
Tengah di Tangerang Selatan, sebagai media pendukung promosi. Restoran Sultan menawarkan
hidangan khas Timur Tengah yang telah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Tantangan utama
dalam perancangan katalog ini adalah kurangnya informasi dalam buku menu yang ada di
restoran Sultan Masakan Timur Tengah, karena sebagian besar menggunakan nama hidangan
yang terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, diperlukan katalog yang tidak hanya
informatif, tetapi juga menarik secara visual agar dapat membantu pelanggan dalam memilih
hidangan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan
data observasi langsung ke lokasi restoran, wawancara dengan pemilik restoran, serta studi
pustaka dari penelitian terdahulu. Katalog ini dirancang dengan memperhatikan elemen-elemen
desain, tata letak, dan fotografi makanan yang sesuai dengan standar desain komunikasi visual.
Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelanggan terhadap
produk yang ditawarkan dan mendorong tingkat penjualan restoran Sultan.
Kata Kunci: Makanan Timur Tengah, Katalog, Sultan Masakan Timur Tengah, Media, Promosi.
Full Text:
PDFReferences
Anggarini, A. (2021). Desain Layout (N. Martina & M. Fauzy (eds.)). PNJ Press.
Aqsal, M. A., & Duku, S. (2023). Media massa Studi Kepercayaan Publik Terhadap Pemberitaan
Media Konvensional Dan New Media Di Kelurahan Prabumulih. Jurnal Ilmu Komunikasi
Dan Media Sosial …, 3(1), 215–224.
http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/621%0Ahttps://www
.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/download/621/561
Aryani, D. (2022). Strategi Komunikasi Marketing Ajwad Resto Dalam Mempromosikan Kuliner
Halal Timur Tengah [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61599
Asthararianty, & Lesmana, F. (2020). Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry
Riana. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.18.1.13-19
Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Desintha, S. (2019). Persepsi Visual terhadap Dekorasi Fotografi Makanan di Imah Babaturan
Bandung. Waca Cipta Ruang, 5(2), 388–392. https://doi.org/10.34010/wcr.v5i2.2287
Dwi Fatmawati, P., & Surya Patria, A. (2023). Perancangan Katalog Produk UMKM Wawa Food
And Cookies. Junal Desgrafia, 1(1), 133–144.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/
Ekawatiningsih, P., Komariah, K., & Purwanti, S. (2008). Restoran.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh
terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.
https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111
Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam
Penelitian Bahasa, 1(1), 305.
Gatma, L. R., & Logiana, A. D. (2018). PERANCANGAN KATALOG TAMARA WEDDING
ORGANIZER SEBAGAI MEDIA PROMOSI. 2.
Hananto, B. A. (2020). Tinjauan Tipografi dalam Konteks industri 4.0. Seminar Nasional Desain
Dan Arsitektur (SENADA) 2020, 3, 132–139. https://eprosiding.stdbali.
ac.id/index.php/senada/article/view/278
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. In Pengantar Ilmu Komunikasi.
Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. UMSIDA Press.
https://doi.org/https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7
Hidayat, W., Andriansyah, A., & Wulandari, R. (2018). Rancang Bangun Media Desain Katalog
Penunjang Informasi Dan Promosi Pt Global Bangun Mandiri. Journal CERITA, 4(1), 44–
https://doi.org/10.33050/cerita.v4i1.627
Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk
Sebagai Media Promosi. SENSI Journal, 2(2), 184–197.
https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752
Iswandi, H. (2021). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Besaung : Jurnal
Seni Desain Dan Budaya, 3(3), 100–
https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.493
Kusumo, R. O., Bangsa, P. G., & ... (2019). Perancangan Fotografi sebagai Media Promosi
Pariwisata Pantai Kedung Tumpang, Pucanglaban, Tulungagung. Jurnal DKV ….
Lazubta, Ariska, D. (2014). Pengaruh Promosi Bmt Sinar Laut Gempolsewu Terhadap Minat
Menabung Siswa Di Mi Muhammadiyah 01 Rowosari Kecamatan Rowosari Kabupaten
Kendal. July, 1–23.
Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard
Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan
Akuntansi, 7(4), 5495–5504.
Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran
Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.
Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku.
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717.
https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786
Parolinda, D. L., & Ramdan, A. M. (2019). Perbandingan Kualitas Citra BMP Steganografi dengan
Ruang Warna RGB dan CMYK.
Researchgate. https://www.researchgate.net/profile/Dwian-Luisana-
Parolinda/publication/338140376_Perbandingan_Kualitas_Citra_BMP_Steganografi
_dengan_Ruang_Warna_RGB_dan_CMYK/links/5e01ec7592851c8364966a1e/Perb andingan-
Kualitas-Citra-BMP-Steganografi-dengan-Ruang-Warna-
Rosita, D. Q. (2022). Analisis Tipografi pada Logotype dan Konten Instagram @Souri.Bkk
Signature Box. Jurnal Desain, 9(3), 415. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983
Saputra, D. A., & Rohmad Dwi Happy, H. (2021). Katalog Foto Toko Djadjan Apel Malang
sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 5(1), 36.
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i1.628
Sumaryati, C. (2013). Desain II. 1, 64–69.
Sunarto, W. (2013). Gaya Desain Tinjauan Sejarah (S. Sondakh (ed.)). Pascasarjana IKJ.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Prinsip Pada Desain Grafis. Suparyanto Dan Rosad, 5(3),
–253.
Syahrul, Y., & Palcomtech, P. (2019). PENERAPAN DESIGN THINKING PADA MEDIA
KOMUNIKASI VISUAL PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA
BARU. 2(2), 109–117.
Syofiadisna, P. (2020). KAJIAN IKONOGRAFI DAN IKONOLOGI TERHADAP TIGA IKON
GAJAH DI DALAM GEREJA SAINT PIERRE AULNAY PRANCIS PADA
ABAD KE-12 Study of Iconography and Iconology About Three Elephants Icon Within Saint
Pierre Aulnay Church in French 12th Century. Kalpataru, 29(1), 51–64.
http://jurnalarkeologi.kemdikbud.go.id/index.php/kalpataru/article/view/739.
Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE (Desain Komunikasi Visual).
Turosida, K., & Patria, A. S. (2022). Fotografi Makanan Sebagai Media Promosi “Susi Cake and
Crispy.” Barik, 3(2), 138–
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/47227%0Ahttps://ejournal.
unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/download/47227/39481
Unonongo, W., Warouw, D., & Tulung, L. (2015). Fungsi Promosi Dalam Meningkatkan Daya
Beli Gadget Samsung Di Kota Manado. E-Journal Acta Diurna, 4(5), 1–12.
https://www.neliti.com/id/publications/92615/fungsi-promosi-dalam-meningkatkan- daya-beligadget-
samsung-di-kota-manado
Article Metrics
Abstract - 1 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.