DESAIN PERANCANGAN MASKOT 3D “LITTLE BOY” SEBAGAI MEDIA BRANDING CLUB KARATE DOJO DHONI HASYA DI KOTA TANGERNG

Heri Wijayanto, Hilmy Juniawan Malta

Abstract


Penelitian ini mengkaji perancangan maskot 3D bernama “Little Boy” sebagai media branding
untuk Club Karate Dojo Dhoni Hasya di Kota Tangerang. Maskot 3D ini dirancang untuk
memperkuat identitas dan citra merek club, serta meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat
untuk bergabung. Dalam prosesnya, digunakan teknik 3D printing dengan perangkat lunak
Blender dan desain karakter 2D dengan Adobe Illustrator. Maskot ini diimplementasikan dalam
berbagai media, seperti kaos, stiker, serta banner dan poster, untuk keperluan promosi. Selain itu,
perancangan ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi klub melalui penjualan merchandise, serta
menjadi referensi akademis untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual dalam merancang maskot
3D. Ruang lingkup penelitian ini meliputi daerah Kota Tangerang, dengan target utama anak-anak
sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Metode yang digunakan mencakup studi pustaka, observasi
langsung, dan wawancara. Perancangan desain dilakukan melalui metode design thinking.


Kata Kunci: Maskot 3D, Branding, Club Karate, 3D Printing, Desain Karakter.


Full Text:

PDF

References


Ammariah, H. (2023). Desain Grafis: Pengertian, Unsur & Prinsip Dasar | SMK Kelas 10.

Ruang Guru. https://www.ruangguru.com/blog/unsur-dan-prinsip-dasar-desain-grafis

Aris Budi Prasetyanto, A. (2014). No TitlANALISIS DAN PERANCANGAN 3D MODELLING

KARAKTER DAN BACKGROUND GAME THE HERO OF MAJAPAHIT

MENGGUNAKAN METODE SUBDIVISION MODELLING & DIGITAL SCULPTINGe.

https://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.11.3790.pdf

Ayu Sendari, A. (2023). Pengertian Desain dan Jenis-Jenisnya, Kenali Lebih Dalam.

Liputan

https://www.liputan6.com/hot/read/5290689/pengertian-desain-dan-jenis-jenisnyakenali-

lebih-dalam?page=2

Bayu Agung, A. (2019). PERANCANGAN DESAIN MASKOT SEBAGAI MEDIA PROMOSI

HIGI CREATIVE LAB GUNA MENINGKATKAN BRAND LOYALTY.

https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3966/1/16421000063-2019-

STIKOMSURABAYA.pdf

Budi Sulistio, A. (2020). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS.

https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-

Promosi-Bisnis.pdf

Eric Christian, J., & Natadjaja, L. (2022). ANALISIS PROSES DESAIN DI TEMPAT MAGANG

DAN DI KULIAH DENGAN MENGGUNAKAN TEORI DESIGN THINKING.

https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12271#:~:text=Design Thinking

merupakan proses dimana,coba dan sampai ke final.

Juliana Tjandra, S., & Christine Yuwono, E. (2022). Perbandingan Teori dan Praktik

Perancangan Desain Grafis pada Proyek Internship di Studio Grafis.

https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/12276/10762

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity,

Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121.

https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187

Muallimah, H. (2022). KAJIAN PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI AISAS TERHADAP

PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

https://journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/files/article/download/30/26/126

Risetya, D. (2023). Digital Art Kolaborasikan Seni dan Teknologi, Dulu Pensil Kini Pixel!

Mayar SimplePay. https://blog.mayar.id/digital-art-kolaborasikan-seni-dan-teknologidulu-

pensil-kini-pixel/#:~:text=3. Seni 3D dan Patung,di industri animasi dan game.

Riskiah Harap, L., Priyanto, A., Sinaga, O., & Sihite, O. (2020). ANALISIS KARAKTERISTIK

VECTOR ART PADA VECTORINA MEDAN COMMUNITY TAHUN 2019 DITINJAU

DARI ELEMEN VISUAL.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gorga/article/view/18403

Tysara, L. (2023). Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli, Pahami Karakteristiknya.

Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/5299910/jenis-penelitian-kualitatifmenurut-

para-ahli-pahami-karakteristiknya?page=5


Article Metrics

Abstract - 4 PDF - 25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.