TANDA DAN KODE VISUAL CITRA WANITA JILBAB MODEREN PADA COVER MAJALAH LAIQA EDISI SPESIAL 2015-2016

Dewi Intan Kurnia, Ridwan Eko Febriyanto

Abstract


Pada dasarnya seluruh pose serta pakaian yang dipilih merupakan setingan tim majalah untuk sebuah citra, pose yang tidak alami dan buatan ini memberikan konsumen sebuah image tersendiri untuk direkam dalam memory mengenai cover Majalah LAIQA. Semua ini menjelaskan desain Cover majalah dengan gaya clean yang sederhana, hubungan tanda yang menceritakan dakwah dan keseharian positif, ruang yang kebanyakan adalah asimetris, tanda –tanda wanita muslim yang modern dengan fashion dan make up yang trendy, gambar perempuan dalam Cover majalah yang telah ditampilkan seperti Alya Rohali, Titi Kamal, Laudya Cyintia Bela, Zaskia Sungkar dan lain – lain yang merupakan public figure wanita muslim modern dengan lifestyle sosialita, kegiatan yang ada dalam cover seperti pose yang kebanyakan menggambarkan sebuah kelembutan, keanggunan, dan kecerdasan, tema – tema sesuai konten di tanggalnya, bahasa periklanan sebagai hedline di setiap cover, pose yang mengartikan tiap – tiap covernya memiliki dakwah untuk melakukan hal positif, nilai estetis yang sempurna seperti jawaban beberapa responden terhadap visual cover, serta mitos kekuatan, kecerdasan, keanggunan, yang telah dipaparkan dalam tiap cover Majalah LAIQA.

Kata Kunci: buku, ilustrasi, fashion, remaja.

 

ABSTRACT

Basically all the poses and clothes chosen are the magazine team's settings for an image, this unnatural and artificial pose gives the consumer a distinct image to be recorded in memory regarding the cover of LAIQA Magazine. All this explains the magazine cover design with a simple clean style, the relationship of signs that tell the message and positive daily life, the spaces are mostly asymmetrical, the signs of a modern Muslim woman with trendy fashion and make up, a picture of a woman in the magazine cover that has been featured. such as Alya Rohali, Titi Kamal, Laudya Cyintia Bela, Zaskia Sungkar and others who are public figures of modern Muslim women with a socialite lifestyle, activities on the cover are like poses that mostly depict tenderness, elegance, and intelligence the content on the date, the language of advertising as a hedline on each cover, the poses that mean each cover has the message to do positive things, perfect aesthetic values such as the answers of several respondents to the visual cover, as well as the myths of strength, intelligence, elegance, which have been described in every cover of LAIQA Magazine.

Keywords: books, illustrations, fashion, teens.

 


Full Text:

PDF

References


Fiske, Jhon. 2004. Cultural and Comunication Studies. Yogyakarta dan Bandung : Jalasutra

Agustrijanto, 2002 . Copywriting. ROSDA : Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlina, 2007. Komunikasi Massa. Simbiosa Rekatama Mesdia : Bandung.

Danesi , Marcel, 2012. Pesan, Tanda, dan Makna. Jalasutra : Yogyakarta.

Suyanto , M, 2004,. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia. ANDI : Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract - 518 PDF - 210

Refbacks