TINJAUAN SEMIOTIKA SALAH SATU LOGO 16 SUBSEKTOR PARINKRAF “CRAFTY”

Heri Wijayatnto, Zalzulifa Zalzulifa, Muhammad Shonhaji

Abstract


PARINKRAF adalah Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif yang meliputi Prodi Pariwisata, Prodi Periklanan, Prodi Transportasi, dan Prodi Desain Komunikasi Visual. Fakultas ini meriset 16 Subsektor Keilmuan yang di implementasikan menjadi 16 logo, salah satunya logo Cafty yang diartikan sebagai logo dengan bidang style Purwarupa dengan visual ular sebagai symbol kecepatan tren dalam dunia Purwarupa, logo ini akan di ulas dengan pisau semiotika dari keilmuan Desain Komunikasi Visual. Semiotika, juga dikenal sebagai studi semiotik atau semiologi, adalah studi tentang tanda dan simbol serta makna dan kegunaannya. Sehubungan dengan logo, semiotika memainkan peran penting dalam memahami bagaimana sebuah logo mengkomunikasikan makna kepada audiensnya. Logo adalah representasi visual dari merek atau perusahaan dan dirancang untuk mengkomunikasikan nilai, kepribadian, dan esensi merek melalui elemen visualnya seperti warna, bentuk, dan tipografi. Semiotika dapat membantu kita memahami berbagai makna dan asosiasi yang dimiliki elemen visual ini di benak audiens, dan bagaimana mereka berkontribusi pada keseluruhan makna dan pesan yang disampaikan oleh logo. Misalnya, logo dengan warna merah dapat dikaitkan dengan semangat, energi, dan kegembiraan, sedangkan warna biru dapat dikaitkan dengan kepercayaan, keandalan, dan profesionalisme. Bentuk logo, apakah itu bulat atau bersudut, juga dapat menyampaikan makna dan emosi yang berbeda. Tipografi dan pemilihan font juga dapat mempengaruhi pesan yang disampaikan oleh logo. Oleh karena itu, semiotika memainkan peran penting dalam mendesain logo yang efektif yang mengkomunikasikan pesan yang diinginkan kepada khalayak sasaran. Dengan memahami berbagai arti dan asosiasi yang dimiliki elemen visual, desainer logo dapat membuat logo yang menyampaikan pesan yang tepat dan memberikan dampak yang diinginkan pada audiens mereka. 

 

Kata Kunci: Semiotika, Logo, Desain Logo 


Full Text:

PDF

References


Anderson, D. R. (2019). Charles Sanders Peirce and the Logic of Scripture. New York: Oxford University Press.

De Tienne, A. T. (2020). Charles Sanders Peirce and the Philosophy of Science: A Historical Introduction. New York: Routledge.

Houser, N., Roberts, D. D., & Van Evra, J. (2019). Studies in the Logic of Charles Sanders Peirce. Bloomington: Indiana University Press.

Kull, K. (2021). Peircean Biosemiotics: Retrieving the Significance of Charles Sanders Peirce for Biology. Berlin: Springer.

Nöth, W. (2019). Handbook of Semiotics. New York: Routledge.

Queiroz, J. (2020). The Semiotic of Charles Sanders Peirce. Berlin: De Gruyter.

Sattler, H. (2019). Semiotics and the Philosophy of Language. London: Bloomsbury Academic.

Short, T. L. (2021). Charles Sanders Peirce and the Linguistic Turn: His Enduring Relevance. New York: Springer.

Soares, G. L. (2019). Charles S. Peirce: Continuum and Creativity. London: Routledge. Wallner, M. (2020). Charles Sanders Peirce and the Concept of Habit. London: Palgrave Macmillan.


Article Metrics

Abstract - 160 PDF - 101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.