TINJAUAN SEMIOTIKA SALAH SATU LOGO 16 SUBSEKTOR PARINKRAF “PUBLY”

Widya Oktary Setiawardhani, Zalzulifa Zalzulifa, Naufal Adwithiya Alhasni

Abstract


PARINKRAF adalah Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif yang meliputi Prodi Pariwisata, Prodi Periklanan, Prodi Transportasi, dan Prodi Desain Komunikasi Visual. Fakultas ini meriset 16 Subsektor Keilmuan yang di implementasikan menjadi 16 logo, salah satunya logo Publy yang diartikan sebagai logo dengan bidang Percetakan dengan visual gajah sebagai symbol Logo subsektor dengan ikon gajah melambangkan kekuatan, kestabilan, dan kepercayaan diri. Gajah seringkali dikaitkan dengan kekuatan karena ukuran dan kekuatannya yang luar biasa. Selain itu, gajah juga dikenal sebagai hewan yang stabil dan tenang, yang dapat melambangkan stabilitas dan kepercayaan diri akan dikupas habis dengan pisau keilmuan Teori Semiotika Roland Barthes.

Kata Kunci: Semiotika, Logo, Desain Logo 


Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (2021). Mythologies. Vintage Classics.

Buku bab dalam buku:

Barthes, R. (2021). The Photographic Message. Dalam M. W. Luhan (Ed.), Understanding Media: The Extensions of Man (pp. 161-193). Routledge.

Artikel jurnal:

Culler, J. (2021). The Semiotics of Roland Barthes. Sign Systems Studies, 49(1), 43-62.

Artikel online:

Baker, P. (2021). Roland Barthes' Mythologies: A Critical Theory of Myths in the Modern World. Culture Matters. Diakses pada 10 April 2023, dari https://www.culturematters.org.uk/index.php/culture/theory/item/3521-roland- barthes-mythologies-a-critical-theory-of-myths-in-the-modern-world


Article Metrics

Abstract - 155 PDF - 184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.