REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM IKLAN MEIKARTAVERSI “AKU INGIN PINDAH KE MEIKARTA” DI MEDIA YOUTUBE (Analisis Semiotika John Fiske)

Risqi Inayah Dwijayanti, Ravky Allaam Karono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang konstruksi kelas sosial yang dilakukan oelh media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kelas sosial dalam iklan Meikarta versi “Aku Ingin Pindah Ke Meikarta” dalam media Youtube. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media, bagaimana proses media dalam mengkonstruksikan sebuah sudut pandang seseorang dengan melihat dunia realitasnya yang mereka alami secara subjektif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika John Fiske dengan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan Meikarta versi “Aku Ingin Pindah Ke Meikarta” dengan objek penelitian yaitu gambar- gambar pada iklan tersebut yang memberikan tanda adanya unsur kelas social dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya media mengkonstruksi kelas sosial pada media youtube yang ditujukan melalui scene yang menunjukan unsur kelas sosial menggunakan kode televisi milik John Fiske. Kesimpulan pada penelitian ini adalah unsur kelas sosial yang digunakan oleh media untuk mendapatkan keuntungan tanpa memikirkan efek samping dari memakai unsur kelas sosial itu sendiri.

Kata kunci : Representasi, iklan, Konstruksi Realitas Media, Kelas Sosial 


Full Text:

PDF

References


A, Shimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid 1 ( edisi 5 ), Jakarta:Erlangga.

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda Dalam KebudayaanKontemporer. Tiara Wacana: Yogyakarta.

Berger, Peter L. And Thomas Luckman. The Social Construction Of Reality, ATreatise in The Sociology Of Knowledge, Penerj. Hasan Basari. Jakarta: LP3ES,1990.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa. SalembaHumanika: Jakarta.

Bungin,

Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi. Cetakan ke 4. Kencana Prenada Media Group : Jakarta. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi

Komunikasi di Masyarakat. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Cangara, Hafied. 2018. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Press : Depok.

Eriyanto, 2011. Analisis isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian IlmuKomunikasi dan Ilmu

– Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group :Jakarta.

Fiske, John. 2007. Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantar

PalingKomprehensif. Jalasutra: Yogyakarta.

Jaiz, Muhammad. 2013. Dasar-dasar Periklanan. FISIP Untirta Press: Banten.

Karman, Konstruksi Realitas Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran ( Suatu TelaahTeoritis

Terhadap Konstruksi Realitas Peter L. Berger),Jakarta: Jurnal Penelitian dan Pengemabangan Komunikasi dan Informatika, Vol 5 Nomor 3 Maret 2015.

Kotler, Philip.2007. Manajemen pemasaran. Edisi Kedua Belas. PT. Macanan Jaya Cemerlang: Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, PT.Remaja Rosdakarya: Bandung. Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Sobur, Alex. 2020. Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung. Sunarto. 2009.

Televisi, Kekerasan, dan Perempuan. Kompas Media Nusantara: Jakarta. Soraya, S.dkk. 2010. “Youtube : Broadcasting the world dan”,USU: Medan. Tumpa, H. A. 2015. “Penerapan Konsep”,UT: Bandung.

Wirawan Sarwono, Sarlito. 2017. Pengantar psikologis umum. Jakarta :Rajawali.


Article Metrics

Abstract - 325 PDF - 225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.