MENGIDENTIFIKASI TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE ART BAGI DESAINER GRAFIS

Rifki Risandhy

Abstract


Perkembangan Penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam berbagai bidang telah mengubah cara kerja dan proses kreatif di era digital. Salah satu bidang yang terpengaruh secara signifikan adalah desain grafis, dikenal sebagai Artificial Intelligence Art (AI Art). Teknologi tersebut mengacu pada penggunaan algoritma dan teknik AI untuk menciptakan karya seni dan desain yang unik dan orisinal. Meskipun demikian masih terjadi pro-kontra diantara para pegiat seni dan desain di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh desainer grafis dalam pemanfaatan AI Art dalam proses desain grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, melalui studi literatur, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa desainer grafis perlu mengatasi tantangan yang muncul dan memanfaatkan peluang yang ada dengan memperoleh pemahaman yang baik tentang AI Art. Dengan demikian, mereka dapat memperluas kemampuan mereka dalam mengembangkan ide yang lebih inovatif dan eksplorasi desain yang kreatif guna menghadapi perubahan yang terjadi dalam industri desain grafis.

Kata Kunci: Artificial Intelligence Art, Desainer GrafisĀ 


References


DAFTAR PUSTAKA

Liker, J. K., & Morgan, J. M. (2006). The Toyota Way in Services: The Case of Lean Product Development. Academy of Management Perspectives, 20(2), 5- 20.

Mithas, S., Ramasubbu, N., & Sambamurthy, V. (2011). How Information Technology Strategy and Investments Influence Firm Performance: Conjectures and Empirical Evidence. MIS Quarterly, 35(1), 1-34.

Simon, H. A. (1991). Bounded Rationality and Organizational Learning. Organization Science, 2(1), 125-134.

Adisasmita, R., & Wirawan, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Buatan dalam Desain Grafis Terhadap Proses Berpikir Kreatif Desainer Grafis. Jurnal Desain Grafis Indonesia, 3(2), 85-98.

Kusumadewi, S., Hartati, S., & Harjoko, A. (2019). Artificial Intelligence: Metode dan Implementasi. Graha Ilmu.

Nurrachman, A., & Nurdin, A. (2020). Penggunaan Artificial Intelligence dalam Proses Desain Grafis. Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 14(1), 27-34.

Suryani, I. N., & Listiani, I. (2021). Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Desain Grafis: Tinjauan Literatur. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 6(2), 121-134.

Syahputra, E., & Pranolo, A. (2018). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence dalam Desain Grafis: Studi Kasus Pada Karya Seni Grafis 3D. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 1(2), 94-104.

Wiratno, T., & Soenarto, S. (2019). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Proses Kreatif Desain Grafis. Jurnal Seni dan Desain, 1(1), 1-10.


Article Metrics

Abstract - 527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.