TINJAUAN SEMIOTIKA SALAH SATU LOGO 16 SUBSEKTOR PARINKRAF “DENY”

Dewi Intan Kurnia

Abstract


PARINKRAF adalah Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif yang meliputi Prodi Pariwisata, Prodi Periklanan, Prodi Transportasi, dan Prodi Desain Komunikasi Visual. Fakultas ini meriset 16 Subsektor Keilmuan yang di implementasikan menjadi 16 logo, salah satunya logo Deny yang diartikan sebagai logo dengan bidang Desain dengan visual semut sebagai symbol yang dipandang sebagai simbol kerja keras, kerja sama, dan kesabaran. Warna oranye dalam konteks ini dapat mengartikan semangat, kegembiraan, keberanian, dan optimisme. Jadi, kombinasi antara simbol semut dan warna oranye dapat melambangkan sebuah organisasi atau perusahaan yang bekerja keras, bekerja sama dengan semangat optimisme, keberanian, dan kesabaran dalam mencapai tujuan mereka. Namun, ini hanyalah interpretasi umum, dan makna yang tepat dari semut oranye dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan penggunaan logo tersebut. Pemaknaan tersebut akan dikupas dengan teori dari Charles Sanders Peirce seorang filsuf dan ahli semiotika yang memberikan kontribusi penting pada pengembangan teori semiotika modern. Peirce memandang tanda atau simbol sebagai representasi yang menghubungkan antara suatu ide atau konsep dengan realitas atau  dunia nyata. Dalam konteks ini, logo dapat dilihat sebagai suatu tanda atau simbol yang merepresentasikan suatu organisasi atau perusahaan.

Kata Kunci: Semiotika, Logo, Desain Logo 


References


Referensi

Anderson, D. R. (2019). Charles Sanders Peirce and the Logic of Scripture. New York: Oxford University Press.

De Tienne, A. T. (2020). Charles Sanders Peirce and the Philosophy of Science: A Historical Introduction. New York: Routledge.

Houser, N., Roberts, D. D., & Van Evra, J. (2019). Studies in the Logic of Charles Sanders Peirce. Bloomington: Indiana University Press.

Kull, K. (2021). Peircean Biosemiotics: Retrieving the Significance of Charles Sanders Peirce for Biology. Berlin: Springer.

Nöth, W. (2019). Handbook of Semiotics. New York: Routledge.

Queiroz, J. (2020). The Semiotic of Charles Sanders Peirce. Berlin: De Gruyter.

Sattler, H. (2019). Semiotics and the Philosophy of Language. London: Bloomsbury Academic.

Short, T. L. (2021). Charles Sanders Peirce and the Linguistic Turn: His Enduring Relevance. New York: Springer.

Soares, G. L. (2019). Charles S. Peirce: Continuum and Creativity. London: Routledge. Wallner, M. (2020). Charles Sanders Peirce and the Concept of Habit. London: Palgrave Macmillan.


Article Metrics

Abstract - 59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.