PERANCANGAN POSTER MELALUI FASHION PHOTOGRAPHY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK HIJAB “MEGAMI”

Rifki Risandhy, Ridwan Eko Febriyanto

Abstract


ABSTRAK

Poster dapat digunakan sebagai media promosi berbentuk fisik atau dicetak pada bahan kertas maupun berbentuk elektronik. Poster dirancang melalui fotografi yang merupakan salah satu jenis komunikasi visual berupa karya foto/gambar untuk menyampaikan informasi/pesan serta dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan produk maupun layanan jasa kepada target pasar atau konsumen dengan memberikan gambaran langsung secara jelas dan detail. Konsep poster untuk promosi dirancang agar merek dipandang memiliki nilai dan berbeda dari merek lain dengan rancangan melalui fashion photography serta konsep editorial yang tercipta dari proses kreatif berupa teknik manipulasi gambar (digital imaging), sehingga dapat menarik perhatian termasuk juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam perancangan poster yaitu metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dan jurnal fotografi tentang produk-produk pakaian, digunakan sebagai referensi penulisan maupun penciptaan karya. Hasil karya berupa tiga rancangan poster dari tiga produk hijab yang diangkat. Perancangan karya tugas akhir berupa poster berisi karya fotografi dipilih berdasarkan analisa yang dilakukan karena kurangnya strategi promosi dan branding oleh Megami. Dari rancangan poster ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk Megami agar berkembang, dikenal luas, dan semakin baik ke depannya.

 

Kata Kunci: Branding; Fashion Photography; Komunikasi; Poster; Promosi

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Posters can be used as promotional media in physical form or printed on paper or electronic form. Posters are designed through photography which is a type of visual communication in the form of photographs/pictures to convey information/messages and can be used as a means to introduce products and services to the target market or consumers by providing a clear and detailed direct description. The poster concept for promotion is designed so that the brand is seen as having value and is different from other brands with designs through fashion photography as well as an editorial concept created from a creative process in the form of image manipulation techniques (digital imaging), so that it can attract attention, including influencing purchasing decisions. The method used in poster design is a qualitative methodology with data collection techniques through direct interviews and photographic journals about clothing products, used as a reference for writing and creating works. The result of the work is in the form of three poster designs of the three selected hijab products. The design of the final work in the form of a poster containing a photographic work was chosen based on the analysis carried out due to Megami's lack of promotion and branding strategies. It is hoped that this poster design will provide a solution for Megami so that it can grow, be widely known, and get better in the future.

 

Keywords: Branding; Fashion Photography; Communication; Poster; Promotion


Full Text:

PDF

References


Agra. (2023, Januari 7). Jenis Poster Ada 2 Kelompok (Isi & Tujuan), Sudah Tahu? Diambil kembali dari onlineprint.co.id: https://onlineprint.co.id/blog/jenis_poster/

Ammariah, H. (2023, Maret 8). Desain Grafis: Pengertian, Unsur & Prinsip Dasar | SMK Kelas 10. Dipetik Mei 20, 2023, dari ruangguru.com: https://www.ruangguru.com/blog/unsur-dan-prinsip-dasar-desain-grafis#:~:text=Irama%20dalam%20desain%20grafis%20adalah,unsur)%20tapi%20membentuk%20pola%20berirama.

Andina, Y. (t.thn.). Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya. Diambil kembali dari kreativv.com: https://kreativv.com/fashion-photography/view-all/

Atmaluhur, R. (t.thn.). DESAIN IMPLEMENTASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM PEMBUATAN ALBUM FOTO TIGA DIMENSI(3D) PADA JACK74 PHOTOGRAPHY STUDIO. Diambil kembali dari atmaluhur.ac.id: https://repository.atmaluhur.ac.id/bitstream/handle/123456789/608/BAB%20I.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Aurellia, A. (2022, Oktober 6). Awareness Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Membangunnya Baca artikel detikfinance, "Awareness Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Membangunnya" selengkapnya https://finance.detik.com/solusiukm/d-6333537/awareness-adalah-pengertian-jenis-dan-cara-memba. Dipetik Mei 21, 2023, dari finance.detik.com: https://finance.detik.com/solusiukm/d-6333537/awareness-adalah-pengertian-jenis-dan-cara-membangunnya

Ekariana Fitrina Irawan, A. R. (2018). Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita. Dipetik Mei 18, 2023, dari https://iptek.its.ac.id/index.php/idea/article/download/4679/3352

Fadillah, F. F. (2011). Media Promosi Dalam Program Acara MetroTV. Jakarta.

Gradianto, R. A. (2022, September 7). Pengertian Poster Menurut Para Ahli, Pahami Ciri dan Jenis-jenisnya. Diambil kembali dari bola.com: https://www.bola.com/ragam/read/5061688/pengertian-poster-menurut-para-ahli-pahami-ciri-dan-jenis-jenisnya#:~:text=Nana%20Sudjana%20dan%20Ahmad%20Rivai,yang%20berarti%20di%20dalam%20ingatannya.

Harsanto, P. W. (2019). Fotografi Desain. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Kanisius. Dipetik Mei 12, 2023, dari http://digilib.isi.ac.id/5645/1/Fotografi_Desain-Prayanto_WH%20%28VERSI%20PENDEK%29.pdf

Ikrima, F. (2022, Oktober 10). Analisa Karya Seri Foto self-portrait melalui Teori Semiotika pada karya Laura Hospes: UCP-UMCG (2015) sebagai Fotografi Psikoanalisa . Diambil kembali dari repository.unpas.ac.id: http://repository.unpas.ac.id/59705/

Indonesia, A. D. (2020, Agustus 11). 7 Alasan Psikologis Yang Membuat Pelanggan Mau Membeli! Diambil kembali dari digimind.id: https://digimind.id/7-alasan-psikologis-yang-membuat-pelanggan-mau-membeli/

Kemenparekraf. (2020). Sub Sektor Fotografi. Diambil kembali dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia: https://pemasaranekraf.kemenparekraf.go.id/sub-sektor/fotografi/

Muhamad Miftahul Huda, H. J. (2018). ANALISIS SEMIOTIKA FOTOGRAFI “ALKISAH” KARYA RIO MOTRET (RIO WIBOWO). Diambil kembali dari untag-sby.ac.id.

Naira, B. (2020, Juni 13). Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Metode. Dipetik Mei 19, 2023, dari https://written.id/desain/pengertian-desain/

Pryana, I. (2022). Banjir Orderan, Simak Dulu Manfaat Fotografi untuk Online Shop! Diambil kembali dari solusiprinting.com: https://solusiprinting.com/banjir-orderan-simak-dulu-manfaat-fotografi-untuk-online-shop/

Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Jakarta: Penerbit ANDI.

Rachman, Z. (2017, Februari 28). FOTOGRAFI DESAIN. Diambil kembali dari student-activity.binus.ac.id: https://student-activity.binus.ac.id/klifonara/2017/02/fotografi-desain/

Setyanto, D. W. (2018). TEORI JANGKAR SEMANTIK PADA WARNA SERTA PENERAPANNYA PADA FOTOGRAFI IKLAN. Diambil kembali dari publikasi.dinus.ac.id: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/audience/article/view/2688

Soocaphoto, S. (2018, April 16). Commercial Photography: Jenis dari Fotografi Komersial. Diambil kembali dari soocaphoto.com: https://www.soocaphoto.com/ccommercial-photography-jenis-dari-fotografi-komersial/

Sudrajat, I. (2019). KOLEKSI BATIK BAYU KUNTANI DALAM FOTOGRAFI FASHION DI RUANG PUBLIK. Diambil kembali dari digilib.isi.ac.id: http://digilib.isi.ac.id/4445/1/BAB%20I.pdf

Utoyo, A. W. (2020, Juni 1). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. Diambil kembali dari stiami.ac.id: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/download/939/510

Valentina, A. (2016). ANALISIS FOTO PADA IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD DARI BULAN JULI 2014-2015 DILIHAT DARI TEKNIK DAN TEMA. Diambil kembali dari unimed.ac.id: http://digilib.unimed.ac.id/21292/7/7.%20NIM%202113151001%20CHAPTER%20I.pdf

Widya Karina, E. C. (2020). PERANCANGAN FOTOGRAFI FASHION SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA PROMOSI DARI “KATRA”. Diambil kembali dari petra.ac.id: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiMkIz9kcL-AhVVg2MGHWSxDnkQFnoECA8QAQ&url=https%3A%2F%2Fpublication.petra.ac.id%2Findex.php%2Fdkv%2Farticle%2Fdownload%2F10151%2F9084&usg=AOvVaw0xohitegxZv6YfmOdPIOwo

Wicaksono, P. (2022, Maret 31). Pengertian dan Manfaat Foto Produk. Diambil kembali dari qubisa.com: https://www.qubisa.com/article/pengertian-dan-manfaat-foto-produk#:~:text=Foto%20produk%20adalah%20bagian%20pertama,produk%20bisa%20mempengaruhi%20keputusan%20pembelian.

Wijaya, S. (2023, April 24). Apa Yang Dimaksud Dengan Poster Menurut Para Ahli & Contoh. Diambil kembali dari ayovaksindinkeskdi.id: https://www.ayovaksindinkeskdi.id/apa-yang-dimaksud-dengan-poster/

Yuda, A. (2023, Januari 10). Apa Itu Poster? Ketahui Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan, dan Komponennya. Diambil kembali dari bola.com: https://www.bola.com/ragam/read/5175890/apa-itu-poster-ketahui-ciri-ciri-fungsi-tujuan-dan-komponennya

dok. (2017). Daya Tarik Visual Karakteristik Pesan. Diambil kembali dari text-id.123dok.com: https://text-id.123dok.com/document/rz3e5pj8q-daya-tarik-visual-karakteristik-pesan.html


Article Metrics

Abstract - 121 PDF - 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.