PERANCANGAN PACKAGING KUE JOJORONG PRODUK KULINER KHAS PANDEGLANG

Moh Ali Wisudawan Prakarsa, Muhammad Sonhaji

Abstract


ABSTRACK

Jojorong cake as a superior product for local culinary specialties in the Pandeglang area is very large, besides the product is unique and interesting, the raw materials are also very easy to obtain. However, the current condition, jojorong cake is only known by the indigenous people of the Pandeglang area, this shows that the promotion of this special food so that it is known to the wider community has not been carried out. The purpose of this research is to design packaging for Jojorong cakes with a more attractive appearance, so that they can attract a wider range of consumers and design packaging that is sturdy and safe. The research methodology used was interviews with craftsmen regarding the history of this food, characteristics, raw materials for making, and innovations to be created in the new Jojorong cake packaging, direct field observations and documentation by studying the data that has been documented during field observations. The results of this research are to produce new packaging for jojorong cakes with a more attractive and modern visual appearance and have the resilience to keep the product lasting longer.

 

Keyword: Design, Packaging Design

 

ABSTRAK

Kue jojorong sebagai produk unggulan kuliner khas lokal daerah Pandeglang sangat besar, disamping produknya unik dan menarik, bahan baku juga sangat mudah untuk didapatkan. Namun kondisi saat ini, kue jojorong hanya dikenal oleh masyarakat asli daerah Pandeglang, hal tersebut menunjukan bahwa promosi makanan khas ini agar dikenal masyarakat luas belum terlaksanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang packaging kue jojorong dengan tampilan yang lebih menarik, agar bisa menarik konsumen yang lebih luas serta merancang packaging yang kokoh dan aman. Metodologi penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan pengerajin mengenai sejarah makanan ini, karakteristik, bahan baku pembuatan, dan inovasi yang ingin diciptakan pada packaging kue jojorong yang baru, observasi secara langsung dilapangan dan dokumentasi dengan mempelajari data-data yang telah didokumentasikan selama observasi lapangan berlanjut. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan packaging baru untuk kue jojorong dengan tampilan visual yang lebih menarik dan modern serta memiliki ketahanan untuk menjaga produk agar bertahan lebih lama

 

Kata Kunci: Desain, Perancangan Packaging


References


Apriliani Putri, Zubaidah, & Riri Trinanda. (2018). PERANCANGAN PACKAGING USAHA TEMPE APDET JL. DR. M. HATTA KETAPING PADANG. Desain Komunikasi Visual , 8(2), 1–8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/101781

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Dessy Putri Andini, & Oktanita Jaya Anggraeni. (2016). Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Camilan di Desa Curah Malang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. prosiding. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/232

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, & Ainul Hayat. (2013). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1286–1295. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=190378&val=6469&title=Pengembangan%20Usaha%20Mikro%20Kecil%20dan%20Menengah%20UMKM%20Melalui%20Fasilitasi%20Pihak%20Eksternal%20dan%20Potensi%20Internal%20Studi%20Kasus%20Pada%20Kelompok%20Usaha%20Emping%20Jagung%20di%20Kelurahan%20Pandanwangi%20Kecamatan%20Blimbing%20Kota%20Malang

Fernando Alfira. (2022). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PANGERAN FRIED CHICKEN DI PEKANBARU [Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/17036/

Novita Ekasari, Nur Hasanah, Ade Perdana Siregar, Novita Sari, & Ade Titi Nifita. (2019). Implementasi Digital Marketing dan Inovasi Kemasan Kue Bengen Produk Kuliner Khas Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM), 1(1), 37–42. https://online-journal.unja.ac.id/JITDM/article/view/8675

Nurhayati, S. (2015). Analisis Stategis Sistem Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Analisis Swot (Studi Kasus: Divisi It Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5).

Setyaningrum, & Chandras. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, KEMASAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA AULIA JAYA BAKERY & COOKIES DI DESA LEMBAH,BABADAN, PONOROGO. tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Stephanie Lim, Bing Bedjo Tanudjaja, & Daniel Kurniawan Salamoon. (2015). PERANCANGAN KEMASAN PRODUK "CHOCO MOLTEN” ONLINE BAKERY INSTACAKE SEBAGAI MEDIA PROMOSI. DKV Adiwarna. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/3294/2981

Wahyudi, E., Udin, H. H., & Heling, L. S. (2018). ANALISA SWOT DALAM DESIGN STRATEGY CORPORATE PADA PT. JAYA PERSADA INDONESIA, JAKARTA. Ekonomi & Bisnis, 17(1), 75–80. https://doi.org/10.32722/eb.v17i1.1148

Wiguna, F. A., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (2019). Perancangan Kemasan dan Promosi Lapis Beneng Tangerang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 11. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8702

Yusuf Ongky, A., & Habiburrohman, F. (t.t.). Sistem Penentuan Harga Desain Pada Desainer Grafis Freelance.


Article Metrics

Abstract - 413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.