PERANCANGAN BRAND IDENTITY PANTAI CAMARA HOMESTAY DI KAWASAN PANDEGLANG

Moh Ali Wisudawan Prakarsa, Ricki Handoko

Abstract


Abstract

Indonesia is a country with the largest archipelago with thousands of tourist attractions that are rich in natural and human resources, and has various coastal tourism potentials. One of them is Camara Homestay Beach which is in Banyuasih Village, Cigeulis District, Pandeglang, Banten. Pantai Camara Homestay does not yet have a visual identity in which identity is needed to remember a name or to introduce it to tourists. In this design, researchers will focus on making the visual identity and logo of Pantai Camara Homestay which aims to build brand awareness. Researchers made observations using qualitative methods and conducted observations, interviews and analysis to get the design concept. This brand identity concept represents traditional and modern elements with a blend of batik patterns as a sign that this beautiful destination is in Indonesia which is proud of its nature. The design results include elements such as logos, supergraphics, taglines and graphic standard manuals. The compiled graphic standard manual provides instructions on how to use the logo, layout, colors, and visual elements in various media. With the implementations of a consistent and integrated brand identity, Pantai Camara Homestay hopes to reach potential guests, inviting them to feel the peace of the beach and the friendliness of the services offered.

 

Keywords: Brand Identity, Brand Awareness, Logo, Supergraphics

 

Abstrak

Indonesia adalah negara dengan kepulauan terbesar dengan ribuan tempat wisata yang kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusia, dan memiliki potensi pariwisata pantai yang beragam. Salah satunya adalah Pantai Camara Homestay yang berada di Desa Banyuasih, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten. Pantai Camara Homestay belum memiliki identitas visual yang mana identitas sangat diperlukan untuk mengingat sebuah nama atau untuk mengenalkan kepada wisatawan. Dalam perancangan ini, peneliti akan berfokus pada pembuatan identitas visual dan logo dari Pantai Camara Homestay yang bertujuan untuk membangun brand awareness. Peneliti melakukan pengamatan dengan menggunakan metode kualitatif dan melakukan observasi, wawancara dan analisis untuk mendapatkan konsep perancangan. Konsep brand identity ini mewakili unsur tradisional dan modern dengan perpaduan pola batik sebagai penanda bahwa destinasi indah ini berada di Indonesia yang bangga dengan alamnya. Hasil perancangan mencakup elemen-elemen seperti logo, supergrafis, tagline dan graphic standard manual. Graphic standard manual yang disusun memberikan petunjuk tentang cara penggunaan logo, tata letak, warna, dan elemen-elemen visual pada berbagai media. Dengan penerapan brand identity yang konsisten dan terpadu, Pantai Camara Homestay berharap dapat menjangkau tamu-tamu potensial, mengundang mereka untuk merasakan kedamaian pantai dan keramahan pelayanan yang ditawarkan.

 

Kata Kunci: Brand Identity, Brand Awareness, Logo, Supergrafis


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. (2021). Tipografi. Yayasan Prima Agus Teknik.

Andi, T. (2018). Memecahkan Masalah Menggunakan DESIGN THINKING. Gamelab Indonesia. https://www.gamelab.id/news/34-memecahkan-masalah- menggunakan-design-thinking

Atsar, F. (2014). Persepsi dan Citra Identitas Visual Logo Bank Mandiri. Jurnal Itenas Rekarupa, 2(1), 10–19.

Everlin, S., & Andersen, R. (2015). Kajian Visual Desain Tentang Jeans Dalam Bentuk Buku. Ruparupa, 4(2), 159–171. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Everlin%2C+ Shierly.+dan+Andersen%2C+Reinhard.+2016.+Kajian+Visual+Desain+Tent ang+Jeans+Dalam+Bentuk+Buku.+%3AUniversitas+Bunda+Mulia+Jurnal+ Rupa-rupa+Vol.4+No.2+%3A+160-161.&btnG=

Fitro, H. N. (2023). Dasar Ilmu Semiotik untuk Kajian Desain Visual. Yayasan Prima Agus Teknik.

Gamal, T. (2022). Ilmu Komunikasi: Pengertian, Komponen, Prinsip & Ruang Lingkup. Serupa.Id. https://serupa.id/ilmu-komunikasi-pengertian- komponen-prinsip-ruang-lingkup/

Koskinen Ilpo, K. G. P. (2015). Design Accountability: When Design Research Entangles Theory and Practice. International Journal of Design. http://www.ijdesign.org/index.php/IJDesign/article/view/1799/681

Kristanto, T., & Muliawati, C. (2017). Pendekatan Analisis Swot Pada Pelaku Umkm. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2. https://si.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1770/STRATEGI- PENINGKATAN-OMSET-UKM-PERCETAKAN-DENGAN- PENDEKATAN-ANALISIS-SWOT

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Swasty. (2017). Serba serbi warna: Penerapan pada desain. PT Remaja

Rosdakary

Widodo, P., M., & Hari, P. (2016). Desain Ulang Boardmarker Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Issn, 2337–4349, 35–40.

Yahya Kahfi, A. (2021). Buku Teori Warna. Anyflip, 7(2), 1–78.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.


Article Metrics

Abstract - 234 PDF - 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.