PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC MENGENAI DAMPAK ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM ART & DESIGN

Rifki Risandhy, Syifana Qurrotun Nada

Abstract


ABSTRACT

Artificial Intelligence has penetrated various creative sectors, from music to fine art and design. In the field of Art & Design itself, the development of Artificial Intelligence has not been spared in providing very innovative breakthroughs following current conditions, making many creators and designers seem to be competing to create the best and most sophisticated Artificial Intelligence. But many still don't understand what Artificial Intelligence is or what is commonly called AI. With this, the author aims to design a communicative Video Motion Graphic as a medium of information that provides an understanding of the impact of Artificial Intelligence in Art & Design. Data was collected using observation and interview methods to facilitate the design process. The results of the data collection show that the AI-based design platform is currently still not widely used in the field of Art & Design, because some jobs will be maximized if done manually, not with AI features. However, the AI platform can be used to find references in Art & Design to help facilitate human work and creativity. So in designing this Motion Graphic video, it is hoped that it can become an information medium that is easy to understand, especially for artists and designers.

 

Keywords : Artificial Intelligence, art, design, Motion Graphics

 

ABSTRAK

Artificial Intelligence telah merambah ke berbagai sektor kreatif, mulai dari musik, hingga seni rupa dan desain. Di bidang art & design sendiri, perkembangan artificial anitelligence tak luput dalam memberikan terobosan-terobosan yang sangat inovatif mengikuti kondisi terkini, menjadikan banyak creator dan para desainer yang seakan berlomba untuk menciptakan sebuah artificial intelligence terbaik dan tercanggih. Namun masih banyak pula yang belum begitu memahami apa itu artificial intelligence atau yang biasa disebut dengan AI. Dengan ini, penulis bertujuan merancang sebuah video motion graphic yang komunikatif sebagai salah satu media informasi yang memberikan pemahaman tentang dampak dari artificial intelligence dalam art & design. Untuk memudahkan proses perancangan, maka dilakukan pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil pengumpulan data tersebut menunjukkan bahwa platform design basis AI saat ini masih belum banyak digunakan pada bidang art & design, dikarenakan terdapat beberapa pekerjaan yang akan lebih maksimal apabila dikerjakan manual, tidak dengan fitur AI. Namun, platform AI dapat digunakan untuk mencari referensi dalam art & design untuk membantu memudahkan pekerjaan dan kreatifitas manusia. Maka dalam perancangan video motion graphic ini diharapkan dapat menjadi media informasi yang mudah dipahami terutama untuk para seniman dan para desainer.

 

Kata kunci : Artificial Intelligence, art, desain, motion grafis


Full Text:

PDF

References


Hilmi, M. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan.

Mahardika, V. P., & Soewito, B. M. (2021). Perancangan Video Motion Graphic Infografis Sebagai 2 Media Promosi Destinasi Wisata Pantai Pacitan Melalui Youtube. JURNAL SAINS DAN SENI ITS.

Butsiarah, M. R., & Pahany, M. A. (2021). Perancangan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi STMIK AKBA. JOISM : JOISM : Jurnal Of Information System Management, 3.

Sevtiana, A., Saputra, G. T., & Wisata, D. (2019). Perancangan Video Animasi Edukatif Perubahan Energi Pada Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Junral Digit, 9.

Ramdani, G. (2019). Desain Grafis. Bogor: IPB Press.

Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: ANDI.

M.S, S. (2020). Buku Ajar Konsep Desain dan Ilustrasi. Surabaya: Universitas Ciputra.

Andhita, P. R. (2021). Komunikasi VIsual. Banyumas: CV. ZT Corpora.

Dr. Nana, M.Pd. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.

Kristiyono, J. (2020). Komunikasi Grafis. Jakarta: KENCANA.

Na’am, M. F. (2020). Dasar Seni dan Desain. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ramadhan, R. F., S, W., & Saputri, F. R. (2023). Kecerdasan Buatan Digital. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian DKV. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Silveira, F. (2023). What Is Motion Graphic? Retrieved from mowe.studio: https://mowe.studio/what-is-motion-graphics/

Prihatmoko, S. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Pada Desain Grafis. Retrieved from https://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Dampak-kecerdasan-buatan-pada-desain-grafis/b457eaa0b0fad161cd7a2c39eec7ddb7b72f4cb4

Andika, R. (2023). Dampak Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Seni. Retrieved from https://geotimes.id/opini/dampak-artificial-intelligence-ai-dalam-bidang-seni/


Article Metrics

Abstract - 480 PDF - 531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.