PERANCANGAN BRAND IDENTITY OLEH PT GEMPITA CAHAYA MAKMUR DI KAWASAN DKI JAKARTA

Dewi Intan Kurnia, Salman Al Jawawi

Abstract


ABSTRACT

In a company essence, the logo is one of the elements in corporate identity, and it can be said that the logo is the spearhead of corporate identity which has a role to answer a question such as who we are in the eyes of consumers and potential customers. This is where the company shows the relationship with consumers to quality, service, vision and mission in the company. One way to survive in today's growing market is to create an image and corporate identity, which is a selling tool for companies for existing products or products to be developed. If a company gets a positive image and image, of course, many consumers will use the company's products, because consumers have realized that the company's products are quality products.

This type of research uses qualitative descriptive methods using observation, documentation and interview methods to obtain data and information to create an idea for the design of the company's brand identity PT. Gempita Cahaya Makmur. The results of the information obtained by the company PT. Gempita Cahaya Makmur does not yet have a strong visual identity, so there is a lack of brand awareness for the Start Up company. So, from the problems found, the author found a problem point and gave an idea to create a brand identity to strengthen brand awareness to create a Graphic Standard Manual book. With the creation of a Graphic Standard Manual manual, it is hoped that it can have its own appeal to the community to develop a printing service company through events or social media promotion.

 

Keywords: Logo, Corporate Development, Visual Identity

 

 

ABSTRAK

Dalam suatu esensi perusahaaan, logo merupakan salah satu elemen dalam corporate identity, dan dapat dikatakan bahwa logo merupakan ujung tombak dari corporate identity yang mempunyai peranan untuk menjawab suatu pertanyaan seperti siapa kita di mata konsumen dan calon konsumen. Disinilah perusahaan menunjukkan hubungan dengan konsumen terhadap kualitas, pelayanan, visi dan misi dalam perusahaan. Salah satu cara untuk bertahan dalam pasar yang terus berkembang saat ini adalah dengan menciptakan image dan corporate identity, yang merupakan alat jual bagi perusahaan untuk produk-produk yang sekarang ada atau produk yang akan dikembangkan. Jika sebuah perusahaan mendapatkan image dan citra yang positif tentunya akan banyak konsumen yang akan menggunakan produk perusahaan tersebut, karena konsumen sudah menyadari bahwa produk perusahaan tersebut adalah produk yang berkualitas. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawanacara untuk mendapatkan sebuah data dan informasi untuk menciptakan sebuah ide untuk perancangan brand identity perusahaan PT. Gempita Cahaya Makmur. Hasil dari informasi yang didapat perusahaan PT. Gempita Cahaya Makmur ini belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga kurangnya brand awereness terhadap perusahaan Start Up tersebut. Maka, dari masalah yang ditemukan penulis menemukan titik masalah dan memberikan sebuah ide untuk membuat sebuah brand identity guna untuk memperkuat brand awareness untuk menciptakan sebuah buku Graphic Standard Manual. Dengan terciptanya sebuah buku pedoman Graphic Standard Manual ini, diharapkan bisa memiliki daya tarik tersendiri pada masyarakat untuk mengembangkan sebuah perusahaan jasa pelayanan percetakan ini melalui event ataupun promosi sosial media.

 

Kata Kunci: Logo, Pengembangan Perusahaan , Identitas Visual


Full Text:

PDF

References


Hardiman, F. Budi.( 2016). Filsafat untuk Para Profesional. Jakarta: Kompas Koskow. (2009). Merupa Buku. Yogyakarta: PT.LKiS

Soeseno, Slamet. (1993). Pemeliharaan Tanaman Hias Ruangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suardiman, Siti Partini. (2011). Psikologi Usia Lanjut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (ed) (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia, cetakan ketiga, Jakarta: Depdikbud, Balai Pustaka

Arianto. (2021). KOMUNIKASI PEMASARAN: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Airlangga University Press.

Cangara. (2016). Komunikasi Politik Teori,Konsep Dan Strategi. Rajawali pers.

Creswell. (2015). Bab Iii Metodologi Penelitian Kualitatif. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2003, 2013–2015.

Fairus. F. (2020). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9. Firmansyah, A. (2019). Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). Penerbit Qiara Media.


Article Metrics

Abstract - 230 PDF - 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.