PERANCANGAN BUKU POP-UP MENGENAI BATIK KAWUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK-ANAK DI KAWASAN TANGERANG

Moh Ali Wisudawan Prakarsa, Siti Nur Nadiyati Ekasari

Abstract


ABSTRACT

The development of each child is different, including in the formation of attitudes and character. Lack of supervision and lack of restrictions on using mobile phones provide freedom for children to access the internet and play online games. Introducing cultural heritage such as kawung batik to children aged 8-11 years is not easy. However, with the right approach makes them interested and enthusiastic to understand and appreciate the beauty of kawung batik. Pop-up books  are a type of book that has three-dimensional elements. The method used is the copyrighted work method. To collect data on various aspects of making works, using literature study methods, observation, and interviews. That there is no learning media that raises the theme of kawung batik and culture as a whole. This condition encourages researchers to create books that interest children. The result was a pop-up book design about kawung batik that not only served as an introduction but also as an educational tool for children. Efforts in making learning media for teaching materials more interesting by designing pop-up books, one of the goals is to provide a spirit of learning for children about culture with the concept of new learning media

 

Keywords: Batik Kawung, Culture, Pop Up Book, Learning Media, internet

 

 

ABSTRAK

Perkembangan setiap anak berbeda termasuk dalam pembentukan sikap dan karakter. Kurangnya pengawasan serta kurangnya pembatasan dalam menggunakan handphone memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk mengakses internet dan bermain game online. Mengenalkan warisan budaya seperti batik kawung kepada anak-anak usia 8-11 tahun tidaklah mudah. Namun, dengan pendekatan yang tepat membuat mereka tertarik dan antusias untuk memahami dan menghargai keindahan batik kawung. Buku pop-up jenis buku yang memiliki elemen tiga dimensi. Metode yang digunakan metode karya cipta. Untuk mengumpulkan data mengenai berbagai aspek dalam pembuatan karya, menggunakan metode study literatur, observasi, dan wawancara. Bahwa belum ada media pembelajaran yang mengangkat tema batik kawung dan budaya secara menyeluruh. Kondisi ini mendorong peneliti untuk menciptakan buku yang menarik minat anak-anak. Hasilnya adalah rancangan buku pop-up tentang batik kawung yang tidak hanya berfungsi sebagai pengenalan tetapi juga sebagai alat edukasi untuk anak-anak. Upaya dalam membuat media pembelajaran untuk bahan ajar yang lebih menarik dengan perancangan buku pop-up, salah satu tujuannya adalah memberikan semangat belajar untuk anak-anak tentang budaya dengan konsep media pembelajaran baru.

 

Kata Kunci: Batik Kawung; Budaya; Buku Pop-Up; Media Pembelajaran; Internet


Full Text:

PDF

References


Aheniwati. (2019). Pengaruh Internet Bagi Anak. Pengaruh Internet Bagi Anak, 6, 52–60.

Caropeboka, R. M. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi (A. A. C. (ed.)). Penerbiy ANDI.

D, D. A., & Ardiansyah, B. F. (2019). Analisis Teknik Dan Perkembangan Buku Pop-Up. Narada : Jurnal Desain dan Seni, 6(1), 129. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.007

Dewantari, A. A., Belva, A., & Wicaksana, C. (2023). Perancangan Buku Pop-up Satwa Endemik Indonesia. XVI(1), 81–99.

KAMA SEPTASINA. (2021). PERANCANGAN POP UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA PAUD DARUL ULUM KAUMAN. http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/432

Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan buku pop-up museum Sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 134–141. http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/385

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi.

Mukarom, Z. (2020). TEORI-TEORI KOMUNIKASI (A. I. Setiawan (ed.)). Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Na’am, muh fakhrihun. (2020). Dasar Seni dan Desain (A. Khanafi (ed.); cetakan 1). PENERBIT DEEPUBLISH.

Nancy Larson Bluemel, R. H. T. (2012). Pop-Up Books: A Guide for Teachers and Librarians.

Nathalia, L. A. S. & K. (2018). Desain Komunikasi Visual ; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula (I. Fibrianti (ed.); Cetakan ke). Penerbit Nuasa.

Pagala, D. A. (2013). Perancangan Buku Popup Interaktif Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengenalkan dan Melestarikan Budaya Kepada Anak Usia 4 - 6 Tahun.

Patria, A. surya. (2016). Tipografi 1. UNESA Universitas Negeri Surabaya.

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual Penerapan (E. Risanto (ed.)). Penerbit ANDI.

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Bussiness Law binus, 7(2), 33–48. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisatasyariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839


Article Metrics

Abstract - 95 PDF - 48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.