PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA KOPI NALAR DI JAKARTA SELATAN

Heri Wijayanto, Furqon Muzaini

Abstract


ABSTRACT

This study describes the process and results of designing a motion graphic-based company profile video for Kopi Nalar as a promotional strategy. The main objective of this research is to increase understanding of company activities, goals and achievements through innovative and attractive visual media. The use of motion graphics in company profile videos offers an effective way to present complex information in an easy-to-digest format. The research implementation begins with problem analysis, SWOT analysis, and the design of a company profile video based on motion graphics. Methods of data collection using interviews, observation and literature study. SWOT analysis is carried out to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats possessed by the company. Making a company profile video involves multimedia elements such as video, images, text and sound. The manufacturing technique uses motion graphics that combine illustration, typography, and photography using animation techniques. The result of designing a company profile video based on motion graphics is to display an informative and attractive company profile video that visually represents the identity, the products offered, to the location and atmosphere of the company.

 

Keywords: Videos,Ccompany Profiles, Promotions, Coffee

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini menggambarkan proses dan hasil dari perancangan video company profile untuk Kopi Nalar berbasis motion graphic sebagai suatu strategi promosi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang aktivitas, tujuan dan pencapaian perusahaan melalui media visual yang invoatif dan menarik. Penggunaan motion graphic dalam video company profile menawarkan cara efektif untuk menyajikan informasi yang kompleks dalam format yang mudah dicerna. Pelaksanaan penelitian dimulai dengan analisis permasalahan, analisis SWOT, dan perancangan video company profile berbasis motion graphic. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi Pustaka. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Pada pembuatan video company profile melibatkan elemen-elemen multimedia seperti video, gambar, teks, dan suara. Teknik pembuatannya menggunakan motion graphic yang mengkombinasikan ilustrasi, tipografi, dan fotografi menggunakan teknik Animasi. Hasil dari perancangan video company profile berbasis motion graphic ini adalah menampilkan video company profile yang informatif dan menarik yang secara visual mewakili identitas, produk yang ditawarkan, hingga lokasi dan suasana perusahaan.

 

Kata Kunci: Video, Company Profile, Promosi, Kopi

 


Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, E., Gunawan, I., Ilustrator, A., & Graphic, M. (2022). Perancangan Video Animasi Sebagai Sarana Promosi Berbasis Motion Graphic Pada Taufiq Ponsel. Jurnal Senashtek, 538–542.

Brigitta, Y. (2016). Perancangan Video Company profile Lembah Kamuning Dairy Farm , Desa Cigugur , Kuningan dengan Teknik Motion Graphic. Artikel Ilmiah, 1–23.

Dewi, W. N., Nas, C., Aries, J., & Norhan, L. (2022). Perancangan Company profile Cv. Aaf Print Cirebon Menggunakan Video Animasi Sebagai Promosi Usaha. Jurnal Digit, 12(2), 203. https://doi.org/10.51920/jd.v12i2.296

Didik, W., & Hadi, A. P. (2019). Jurnal PIXEL diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM). Jurnal PIXEL sebagai sarana komunikasi dan penyebarluasan hasil penelitian, pemikiran serta pengabdian pada masyarakat. Sistem Informarsi Akademi Dengan RFID Berbasis Sms Gateway (Studi Kasus Di Smk Muhhammadiyah 2 Boja), 12(1), 1–35.

Kurniawan, M. I. (2016). Perancangan Company profile Berbasis Video Sebagai Media Promosi PAUD Nirmala Sidoarjo. 53. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3255/

Momintan, M. A. C., & Kharisma, R. S. (2013). ERANCANGAN COMPANY PROFILE THE GEEK APPLE AUTHORISED RESELLER YOGYAKARTA BERBASIS MULTIMEDIA FLASH SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN INFORMASI. Jurnal Ilmiah DASI, 14(4), 32–38.

Muharram, F. (2016). Perancangan Company profile PT. Integrasi Media Nusantara Melalui Video Dengan Teknik Motion Graphics.

Mulyana, I., P, A. P., & S, M. I. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia (Y. Suchyadi (ed.); 1st ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan.

Nugroho, M. T., & Kurniawan, H. (2022). Perancangan Video Companppy profile PT Fala Group Indonesia Berbasis Multimedia Sebagai Media Promosi. Respati, 17(2), 71. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.462

Ogi, Muh, B., & Dhika, Y. Y. (2016). Perancangan Media Promosi Video Profil Mandana Mas Dengan Teknik. 5(2).

Pradana Khallil, Y. (2019). Perancangan video company profile sebagai media promosi PO subur agung. Skripsi-2019. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/SKR/judul/00000000000000099045/

Pratama, S. A., Samsudin, & Rianto, B. (2022). Perancangan Video Company Profil Di Sman 2 Tembilahan. Jurnal Selondang Mayang, 8(2), 143–153.

Ridariono, N. R. (2017). Perancangan Company profile Pt. Elok Manis Berupa Booklet Dan Motion Graphic Sebagai Penunjang Promosi. 1–34.

Rifai, D., Astriyani, E., & Indria, U. (2018). Pembuatan Video Company profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada PT. Daiichi Elevator Indonesia. Technomedia Journal, 3(1).

Sancaya, I. M. A. W., Swandi, I. W., & Artawan, C. A. (2022). Perancangan Stock Illustration Bertema Beach Holiday di Florto Studio. Desain Komunikasi Visual, 3(2), 123–131. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/1693%0Ahttps://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/download/1693/533

Sunarya, P. A., & Anisah, L. (2018). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi Dan Informatika Jakarta. Journal CERITA, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.33050/cerita.v4i1.630


Article Metrics

Abstract - 194 PDF - 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.