“Analisis Kesehatan Bank dengan Metode Non-Performing Loan Dan Metode CAMEL” Studi kasus: PT. Bank Perkreditan Rakyat Bumidhana - Tangerang

Tri Endi Ardiyansah

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif  kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka data yang digunakan meliputi data sekunder yaitu berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab timbulnya Non Performing Loan  pada PT. BPR Bumidhana adalah nilai total kredit bermasalah.

Pada prakteknya, Kredit bermasalah dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis yaitu lancar dengan tunggakan, kurang lancar, diragukan dan macet. Berdasarkan laporan tingkat kesehatan bank, rasio NPL dinyatakan tidak sehat karena melebihi batas maksimal 5% dari ketentuan Bank Indonesia. Semua rasio  dari faktor CAMEL mendapat predikat sehat kecuali Rasio Manajeman Umum dan Resiko dengan nilai rasio sebesar 53% pada posisi nilai acuan 51-66% da rasio ROA pada faktor Rentabilitas dengan nilai 0,55% pada posisi nilai acuan kurang dari 0,765%. Beberapa hambatan dan kelemahan pada PT. BPR Bumidhana adalah belum diterapkan SOP (Standard Operating Procedure) dan belum memiliki aturan-aturan baku perusahaan lainnya serta manajemen terlalu gampang untuk memberikan kredit bagi karyawan tanpa ada analisis yang kuat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v1i1.221

Article Metrics

Abstract - 548 PDF - 7182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats