Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Balaraja Banten

Khorida AR, Armi Bakar, Haryanto Haryanto

Abstract


Penelitian ini berupa sebuah survey dengan tujuan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan populasi terjangkau adalah WP pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor bersama Samsat Balaraja dengan  sampel 100 wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Balaraja. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai dengan bulan Dsember 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, dan kesadaran wajib pajak bersama-sama terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Balaraja, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung >  Ftabel atau 10,004 > 2,696 dan nilai sig = 0,000 < α = 0,05.


Keywords


Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno, Estralita Trisnawati. 2014. Akuntansi Perpajakan (Edisi 3). Jakarta. Salemba 4.

Anatan, Lina dan Ellitan, Lena. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Bandung, Alfabeta.

Burhanudin, N . 2010. Mushaf Al Burhan, Edisi I. Kutai. Media Fitrah Rabbani.

Hartati, Neneng. 2015. Pengantar Perpajakan. Jakarta. Pustaka Setia.

Imam, Ghozali. 2013. Multivariate Analysis, SPSS. Semarang. Universitas Diponegoro.

Mulyono, Djoko. 2010. Hukum Pajak Konsep, Aplikasi, Dan Penuntun Prakti. Yogyakarta. CV. ANDI.

Mardiasmo, Dr. Prof. 2012. Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta. CV ANDI.

Rahayu, Siti Kurnia. 2013. Perpajakan Indonesia (Konsep dan Aspel Formal). Yogyakarta: CV Andi.

Resmi, Siti. 2014. Perpajakan (Teori & Kasus),Edisi ke-6. Jakarta. Salemba Empat.

Sari, Diana, Dr. Prof. 2014. Perpajakan, Konsep, Teori, Dan Aplikasi Pajak Penghasilan. Edisi Asli. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Sugiyono, Dr. Prof. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. CV Alvabeta.

Tjiptono. 2016. Manajemen Pemasaran 2, Manajemen Jasa.

Yogyakarta. Andi.

Waluyo. 2012. Perpajakan Indonesia. Buku 1. Jakarta. Salemba Empat.

Aini, Qurrotul. 2013. Peran E-Registration Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Surabaya). Jurnal Akuntansi Unesa. Vol.2, No.1.

Alvin, Aloysius. 2014. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Kontrol Perilaku Yang Dipresepsikan Staff Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Badan. Jurnal Tax Accounting Review, Vol. 4, No.1.

Amanda, Cynthia Pradisti, Dandes Rifa & Minovia, Arie Frinola. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pelayanan Fiskus dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Padang. Jurnal Akuntansi. Vol.4, No. 1.

Arum. Harjanti Puspa. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas. Diponegoro Journal Of Accounting. Vol.1, No.1:1-8.

Febrian, Adhitya Arifin. 2015. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama. Jurnal Akuntansi Perbanas Review, Vol.1, No.1.

Hidayat, Widi. 2013. Study Empiris Theory Of Planned Behavior Dan Pengaruh Kewajiban Moral Pada Perilaku Ketidakpatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 12, No.2.

Jokopurnomo, Cindy dan Mangoting, Yenni. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya. Jurnal Tax & Accounting Review, Vol.1, No.1.

Jounice, Z.S.W., J.J. Soundakh., S.K. Waldandouw. 2015. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada KPP Pratama Manado Dan KPP Pratama Bitung). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi. Vol.3, No.4.

Kiryanto. 2000. Analisis Pengaruh Penerapan Struktur Pengendalian Intern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Pajak Penghasilannya. EKOBIS, Vol. 1.

Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Depansar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 2.

Mutia, Sri Putri Tita. 2014. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Padang). Jurnal Akuntansi, Vol.1.

Putri, Amanda R. Siswanto dan Jati, I Ketut, 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali.

Suryani, Lilis. 2017. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Niat Mematuhi Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Edisi 3.

Tiraada, A.M. Tryana. 2013. Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi, Volume 1 No.3.

Winerungan, Oltaviane Lidya. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1, No.3.

Yuliana, Rita., Isharijadi. 2014. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 3, No. 2.

Http://www.pajak.go.id/sites/deflaut/files/19_PMK.03-2019.per.pdf (diunduh pada Tanggal 10 Mei 2019 Pukul 10.25 WIB).

http://www.pajak.go.id/article (diunduh pada Tanggal 10 Mei 2019 Pukul 14.10 WIB).

http://www.pajak.go.id/article/sudah-cukupkah-kepatuhan-pajak-kita (diunduh pada Tanggal 10 Mei 2019 Pukul 14.15 WIB).

http://ketentuan.pajak.go.id/index.php?r=aturan/rincian&idcrypt=oJeloaQ%3D (diunduh pada Tanggal 10 Mei 2019 Pukul 21.02 WIB).

https://kbbi.web.id/norma (diunduh pada Tanggal 11 Mei 2019 Pukul 08.48 WIB).

https://kbbi.web.id/kesadaran (diunduh pada Tanggal 11 Mei 2019 Pukul 09.00 WIB).

https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Likert (diunduh pada Tanggal 25 Mei 2019 Pukul 09.20 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v4i1.2704

Article Metrics

Abstract - 2680 PDF - 2066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats