DETERMINASI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: STRUKTUR KEPEMILIKAN, MEDIA EXPOSURE DAN PROFITABILITAS

Tri Neliana, Rawi Rawi, Rina Destiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan, media exposure, dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021.  Berdasarkan teknik purposive sampling yang dilakukan dalam penelitian ini, maka sampel data yang digunakan adalah 51 sampel. Sampel ini diolah dengan menggunakan software SPSS 25 dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kepemilikan asing dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.  sedangkan media exposure dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan,

 

Kata Kunci: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Media Exposure, Kepemilikan Perusahaan,   Profitabilitas

 


Full Text:

PDF

References


Arnes, R. A., & Toto, R. (2020). “The Effect of Profitability, Liquidity, Firm Size and Media Exposure on Corporate Social Responsibility Disclosure in Indonesian Non-Banking StateOwned Enterprises”. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences 103(7): 140–48

Anggono, Ricky Ivan., dan Handoko, Jesica. 2009. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Kontemporer 1(2): 73-98.

Almiyanti, Vira. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas,dan Basis Kepemilikan Terhadap Penngungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2009-2012. E-Jurnal Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Brigham, Eugene F., dan Houston, Joel F. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi 11 Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Ekowati, Lilis., Prasetyono., dan Wulandari, Anis. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). SNA 17 Mataram, Lombok, Universitas Mataram, 24-27 September.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan soal Jawab. Alfabeta, Bandung.

Febrianty. 2011. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay Perusahaan Sektor Perdagangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2007-2009. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) 1(3): 294-320.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Global Reporting Initiative. 2022. Pedoman Laporan Keberlanjutan. https://www.globalreporting.org/resourcelibrary/G3-Guidelines-Incl-Technical-Protocol.pdf. 31 Maret (11:53AM).

Hanafi, Mahmud., dan Halim, Abdul. 2013. Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Harmoni, Ati., Ramadona, N. A., dan Ratih, Sri Wulan Windu. 2012. Faktor Konstekstual Dalam Pemanfaatan Web Sebagai Media Komunikasi CSR Oleh Perusahaan. Konferensi Nasional Sistem Informasi, STMIK-STIKOM Bali, 23-25 Februari.

Irawati, E. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan pada Luas Ungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi , Vol. 3, hlm 1

Kamil, Ahmad., dan Herusetya, Antonius. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi 2(1): 1-17.

Karima, Naila. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kepemelikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Widya Warta, No. 2 Tahun XXXV III/Juli, 219-230.

Kristi, Agatha Aprinda. 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, 1(1).

Kurnianingsih, Heni Triastuti. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 13(1): 93-111.

Laksmitaningrum, Chintya Fadila., dan Purwanto, Agus. 2013. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Diponegoro Journal Of Accounting 2(3): 1-10.

Mashuri, A. A. S., & Ermaya, H. N. L. (2020). “The Effect of Tax Aggressiveness and Media Exposure on Corporate Social Responsibility Disclosure with Profitability as Moderated Variables Social and Environmental Responsibility Must Be Owned by the Company in Generating Profits”. 124(47): 16–28.

Melati, Putri. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012). E-Jurnal Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Najmudin. 2011. Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syari’yyah Modern. Yogyakarta, ANDI Yogyakarta.

Nur, Marzully., dan Priantinah, Denies. 2012. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal 1(1): 22-34.

Pakpahan, Y., & Lasmanita, R. (2018). “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”. Jurnal Akuntansi 18(2).

Plorensia, W & Pancawati, H. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Eksplosure Terhadap Corporate Social Responbility. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. 4-5.

Prasethiyo, D. (2017). “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Sensitivitas Industri, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Volume 5 Nomor 2.

Purnasiwi, Jayanti., dan Sudarno. 2011. Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Putra, Wirmie Eka., Yuliusman., dan Setiawan, Dedy. 2011. Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Dalam Negeri dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Survey Pada Perusahaan Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 12(2): 37-48.

Raharjo, Santoso. 2011. Social Entrepreneurship, Social Enterprise, & Corporate Social Responsibility, Corporate Social Responsibility : Social Entrepreneurship Dalam Konteks Corporate Social Responsibility. Widya Padjadjaran, Bandung.

Santoso, Meilanny Budhi. 2011. Social Entrepreneurship, Social Enterprise, & Corporate Social Responsibility, Corporate Social Responsibility (CSR). Widya Padjadjaran, Bandung.

Soliman, M. M., Din, M. B. E., & Sakr, A. (2012). “Ownership Structure and Corporate Social Responsibility an Empirical Study of the Listed Companies in the Stock Market of Egypt”. European Journal of Business Research 14(1): 53–68

Sparta., & Rheadanti, D. K., (2019). “Pengaruh Media Exposure Tehradap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di BEI”. Equity 22(1): 12

Susanti, Susi., dan Riharjo, Ikhsan Budi. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Cosmetics and Household. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 1(1): 152-167.

Sutedi, Adrian. 2012. Good Corporate Governance. Sinar Grafika, Jakarta.

Suwardjono. 2012. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Yuliani, Nurbaity. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2013. E-Jurnal Mahasiswa Universitas Maritim.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v7i1.8633

Article Metrics

Abstract - 465 PDF - 170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats