ANALISIS COST-TO-SERVE DAN CUSTOMER PROFITABILITY DENGAN TIME-DRIVEN ACTIVITY-BASED COSTING

Edwina Meilani Hartono

Abstract


Cost-to-serve adalah pendekatan yang paling penting bagi customer, produk, dan bagaimana mengelolanya dengan biaya yang sesuai. Cost-to-serve menargetkan aspek efisiensi, bauran produk, dan rasionalisasi dalam manajemen customer. Banyak entitas hanya menyadari pendapatan yang dihasilkan setiap customer dan tak mengetahui berapakah biaya yang dikeluarkan guna menjalin hubungan dengan customer. Penelitian ini menjembatani kesenjangan ini dengan mengidentifikasi penggunaan informasi cost-to serve dan analisis profitabilitas customer. Penelitian dilakukan dengan metode case study dan pendekatan kualitatif. Total cost-to-serve bisa didapatkan dengan mengalikan cost driver rate dan tingkat penggunaan aktivitas actual untuk tiap customer. Ada enam customer yang tidak menguntungkan atau menghasilkan customer loss dengan empat pabrik dan dua orang sesama distributor dengan rata-rata satu kali transaksi. Keputusan strategis mengenai pemilihan customer yang tepat bagi Quantum Sewtech Co., Ltd yaitu: (1) Menerapkan diferensiansi harga ketika sepi proyek karena penjualan Quantum Sewtech Co., Ltd bersifat musiman dan (2) Membuat kerjasama dengan ekspedisi untuk memaksimalkan penjualan ke luar kota karena strategi untuk melayani pembelian ke luar kota adalah strategi yang menguntungkan.

References


Adelia, & Setiawan, J. (2011). Implementasi Customer Relationship Management ( CRM ) pada Sistem Reservasi Hotel Berbasis Website dan Desktop, 113–126. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/219482-implementasi-customer-relationship-manag.pdf

Adnin, R. J., Lubis, N., & Widayanto. (2013). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Nasmoco Pemuda Semarang, 1–8. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2960/2506

Azmi, Z. (2018). Time Driven Activity Based Costing dan Implementasinya Pada Jasa Perawatan Kesehatan. Retrieved from file:///D:/Data/Downloads/736-73-1037-1-10-20180618.pdfs

Dalci, I. (2017). Customer Profitability Analysis with Time-Driven Activity-Based Customer Profitability Analysis with Time-Driven Activity-Based Costing: A Case Study In A Hotel, (July). https://doi.org/10.1108/09596111011053774

Everaert, P., Bruggeman, W., & Creus, G. De. (2008). Sanac Inc.: From ABC To Time-Driven ABC (TDABC ) – An Instructional Case. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2008.03.001

Farida, A. (2016). Customer Profitability Analysis Dengan Time-Driven Activity-based-Costing: Studi Kasus Pada Jaya Genteng. Surabaya. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/55433/13/faridaAriyani_tesis_-min.pdf

Freitas, V. D. O. P. R. De. (2017). Cost-to-serve Analysis A Case Study In A FMCG Company, (October), 1–11. Retrieved from https://fenix.tecnico.ulisboa.pt/downloadFile/1126295043835415/Extended Abstract _ Analise Cost to Serve.pdf

Guerreiro, R., Rodrigues Bio, S., & Vazquez Villamor Merschmann, E. (2008). Cost-to-serve Measurement and Customer Profitability Analysis. The International Journal of Logistics Management, 19(3), 389–407. https://doi.org/10.1108/09574090810919215

Hariyati. (2011). Time Driven Activity-Based Costing: Konsep Akuntansi Manajemen yang Akurat dalam Menghadapi Lingkungan yang Dinamis dan Bisnis Global, 2(031). Retrieved from file:///D:/Data/Downloads/Time_Driven_Activity-Based_Costing_Konsep_Akuntans.pdf

Hezczkova, M., & Stoklasa, M. (2011). Customer Relationship Management - Theory and Principles, 80–91. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/8096/cf78a7d01aad1eddbb34d0c6dec30e20bc40.pdf?_ga=2.73919185.294089185.1566557927-1725440466.1566557927

Kalalo, R. E. (2013). Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado, 1(4), 1553–1561. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2960/2506

Li, W. S. (2018). Strategic Management Accounting.

Mugunthan, C., & Kalaiarasi, G. (2017). Theoretical Framework of Customer Relationship Management: An Overview, 5(07), 6431–6441. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i7.78

Niraj, R., Foster, G., Gupta, M., & Narasimhan, C. (2003). Understanding Customer Level Profitability Implications of Satisfaction Programs. https://doi.org/10.1108/08858620810901211

Parkhi, S., Patil, S., & Sharma, A. (2017). Cost-to-serve: A Strategic Tool For Decision Making In Hotel Industry Using Fuzzy Technique. International Journal of Services and Operations Management, 26(4), 476–497. https://doi.org/10.1504/IJSOM.2017.082894

Zailani, A. (2009). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecard, 67–81. Retrieved from http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/Performance/article/viewFile/30/35




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v5i1.2589

Article Metrics

Abstract - 1882 PDF (Bahasa Indonesia) - 867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.