ECONOMIC PERFORMANCE BESERTA FAKTOR-FAKTORNYA

Indra Gunawan Siregar, Dirvi Surya Abbas, Basuki Basuki

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh price earning ratio, net profir margin dan environmental disclosure terhadap economic performance pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 4 tahun yaitu periode 2015-2018. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan property dan real estate estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 8 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa net profir margin berpengaruh signifikan terhadap economic performance, price earning ratio dan environmental disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap economic performance. Price earning ratio, net profir margin dan environmental disclosure secara bersama- sama berpengaruh terhadap economic performance.


References


Almilia, L. S., & Wijayanto, D. 2007. Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance. Proceedings The 1st Accounting Conference.

Artini, L. G. S., & Yuliaratih, K. A. S. 2018. Variabel yang Mempengaruhi Return Saham pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Basuki, A. T. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Eksandy, Arry. 2018. Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen. Tangerang.

Ghozali, I. & Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ihsan, M. 2017. Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Ikhsan, A. 2008. Akuntansi Lingkungan dan Pengungkapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu. Jogiyanto, 2003.Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ke-3. Yogyakarta: BPFE.

Kalbuana, N. 2017. Pengaruh Leverage, Net Profit Margin dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Lq 45 Bursa Efek Indonesia. Akuntansi. Seminar Nasional dan The 4th Call for Syariah Paper.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Naratama, R. P., & Majidah. 2011. Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure Terhadap Return Saham pada Perusahaan Non Keuangan yang Mengikuti PROPER dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2011). (1), 1–8.

Raharjo, Eko. 2012. Teori Agensi dan Teori Stewarship dalam Perspektif Akuntansi. Fokus Ekonomi, Volume 2. No 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sekaran, Uma. 2014. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Suratno, D. & Mutmainah, S. 2006. Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance. Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v5i1.3173

Article Metrics

Abstract - 1231 PDF (Bahasa Indonesia) - 942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.