UNDERSTANDING CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY FROM STUDENTS PERSPECTIVE

Yopi Yudha Utama

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program yang harus dijalankan oleh perusahaan. Prinsip ekonomi, sosial dan lingkungan harus berjalan beriringan. Hal ini berguna untuk proses keberlanjutan dalam sebuah bisnis. Tidak hanya untuk dunia bisnis, tetapi juga untuk keberlanjutan sosial dan lingkungan. Kemudian, tidak hanya pebisnis saja yang harus tahu tentang CSR, setidaknya mahasiswa juga tahu tentang CSR sebagai ilmu. Hal ini dikarenakan sebagian dari mereka mungkin ingin menjadi wirausaha nantinya, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui CSR dari sudut pandang mahasiswa. Penelitian ini memiliki paradigma interpretif dan termasuk dalam penelitian kualitatif ini. Penelitian ini menggunakan teknik angket untuk pengumpulan data. Objek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Perguruan Tinggi Islam di kota Kediri. Hasilnya sebagian besar dari mereka mengetahui cukup baik tentang Corporate Social Responsibility (CSR), dan setuju bahwa aspek sosial dan lingkungan suatu perusahaan tidak dapat dipisahkan dari aspek ekonominya.

References


Abu Bakar, A. S., & Ameer, R. (2011). Readability of corporate social responsibility communication in Malaysia. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 18(1), 50-60.

Ambadar, J. (2008). CSR Dalam Praktik di Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Astri, H. (2012). Pemanfaatan Corporate Social responsibility (CSR) Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Aspirasi, 3(2), 151-165.

Burrel, G., & Morgan, G. (1979). Sociological Paradigms and Organisational Analysis: Elements of The Sociology of Corporate Life. London: Heinemann Educational Books.

Darmayasa, I. N., & Aneswari, Y. R. (2015). Paradigma Interpretif Pada Penelitian Akuntansi Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(3), 350-361.

Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks: The triple bottom line of 21th century business. Oxford: Capstone Publishing Ltd.

Guo, Y., & Yang, D. C. (2014). Sustainability Accounting Reporting: A Survey on 30 U.S. Dow-Jones Companies. International Journal of Accounting and Taxation, 2(3).

Kiroyan, N. (2006). Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR). Adakah kaitan di Antara Keduanya? Economics Business Accounting Review, III, 45-48.

Lindawati, A. S., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder Dan Legitimacy GAP Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157-174.

Santoso, S. (2016). Konsep Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Konvensional dan Fiqh Sosial. Ahkam, 4(1), 81-104.

Schaltegger, S., & Burrit, R. L. (2010). Sustainability Accounting for Companies: Catchphrase or Decision Support for Business Leaders? Journal of World Business, 45, 375-384.

Singh, K., & Misra, M. (2021). Linking Corporate Social Responsibility (CSR) and Organizational Performance: the moderating effect of corporate reputation. European Research on Management and Business Economics, 27, 1-10.

Smythe, K. R. (2014). An Historian's Critique of Sustainability. Culture Unbound: Journal of Current Cultural Research, 6(5), 913-929.

Tania, S. (2012). Corporate Social Responsibility di Indonesia: Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: FISIPOL UGM.

Triyuwono, I. (2013). (Makrifat) Metode Penelitian Kualitatif (dan Kuantitatif) Untuk Pengembangan Disiplin Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi, 1-15.

Utama, Y. Y. (2019). Definsi Akuntansi Dalam Bingkai Maqoshid Syariah. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 3(2), 229-242.

Van Beurden, P., & Gossling, T. (2008). The worth of values - A literatur review on the relation between corporate social and financial performance. Journal of Business Ethics, 82(2), 407-424.

Werastuti, D. N. (2017). Konsep Corporate Social Responsibility Berbasis Catur Purusa Artha. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(2), 319-335.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik: Fasco Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v6i1.4391

Article Metrics

Abstract - 376 PDF (Bahasa Indonesia) - 291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.