DESAIN KONSEP GAMIFICATION UNTUK MEMBANGUN EMPLOYEE ENGAGEMENT

Vincent Amadeus Herlambang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif cara baru untuk meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan PT S khususnya di Divisi HE. Untuk kondisi saat ini, karyawan di Divisi HE merasa tidak termotivasi dalam bekerja karena tidak terarah dan merasa pekerjaan hanya rutinitas. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan solusi dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen baru yang disebut gamification, yang mampu memberikan unsur kesenangan tanpa mengabaikan esensi pengendalian. Tujuannya agar karyawan dapat menikmati pekerjaannya sehingga menjadi lebih termotivasi dalam melaksanakan kewajibannya.

References


Bunchball. 2016. Gamification 101: An Introduction to Game Dynamics.

Chou, Yu-Kai. 2014. Actionable Gamification: Beyond Points, Badges, and Leaderboards.

DeRosa, Darleen. 2019. Important Learning and Development Trends in 2019.

Huizinga, Johan. 1938. Homo Ludens: A Study of Play Element in Culture. Random House: Belanda

Kumar, Janiki & Herger, Mario. 2017. Gamification At Work: Designing Enganging Business Software. The Interaction Design Foundation.

Merchant, Kenneth A., Stede, Wim A, Van der. 2007. Management Control System: Performance Measurement, Evaluation and Incentives. England: Pearson Education Limited

Paharia, Rajat. 2013. Loyalty 3.0: How to Revolutionize Customer and Employee Engagement with Big Data and Gamification. McGraw Hill Education: New York, US.

Soeherman, Bonnie. 2016. Exist or Extinct: The Rise of Experiencers. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Soeherman, Bonnie. 2019. Fun Research: Penelitian Kualitatif dengan Design Thinking. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Sugiarto, R. F. 2017. Membumikan Visi Universitas Surabaya “The First University in Heart and Mind” Melalui Gamification: Pilot Project pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya. Universitas Surabaya.

Pendell, Ryan. 2018. Employee Experience vs. Engagement: What’s the Difference.

Zichermann, Gabe & Cunningham, Christopher. 2011. Gamification by Design. O’Reilly Media, Inc,: Canada




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v6i1.4414

Article Metrics

Abstract - 443 PDF (Bahasa Indonesia) - 483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.