DETERMINAN TIMELINESS OF FINANCIAL REPORTING PADA INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA

mohamad zulman hakim

Abstract


This study aims to prove empirically the factors that affect the Timeliness of Financial Reporting. These factors are Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Company Size and Auditor Opinion as Independent Variables and Timeliness of Financial Statements as Dependent Variables.

The population of this study is the Manufacturing Industry listed on the Indonesia Stock Exchange period 2012-2014. The sample was determined by purposive sampling method and 66 companies were obtained. The data used are obtained from the published company financial report. The method of analysis used is logistic regression at 5% significance level.

Empirical study shows that ROA has significant effect on Timeliness of Financial Reporting. DER, Company Size and Auditor Opinion have no significant effect on Timeliness of Financial Reporting.

 

Keywords:    ROA, DER, Company Size, Auditor Opinion, Timeliness of Financial Reporting


References


Adriansyah, M., Resti Yulistia Muslim dan Herawati. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-journal Universitas Bung Hatta Vol. 4, No. 1.

Ambarwati S.D.A. 2010. Manajemen Keuangan Lanjutan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amin, Widjaja Tunggal. 2010. Teori dan Praktek Auditing. Jakarta: Harvindo.

Arens, Alvin A, Randal J. Elder, Mark S. Beasley. 2011. Auditing and AssuranceService: An Integrated Approach, 13thEdition. Pearson: Prentice Hall Inc.

Awalludin, Vita Magdalena dan Peni Sawitri. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Brigham E.F. dan Houston J.F. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 11. (Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.

Dahlan, Sopiyudin. 2012. Analisis Multivariate Regresi Logistic. Indonesia: Epidemiologi.

Dewi, Karina Mutiara. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu dan Audit Delay Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI periode 2007-2011). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Dewi, Sofia Prima dan Jusia. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Volume XVII, No.3. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara.

Dwiyanti, Rini. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fahmi, I. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gudono. 2011. Analisis Data Multivariate.Yogyakarta: BPFE

Gujarati, Damodar N. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika. Buku Kedua Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Hanafi, Mahmud M. 2013. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Harjito, Agus dan Martono. 2011. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ekonisia.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 8. Yogyakarta: BPFE.

Herry. 2010. Teori Akuntansi. Jakarta: Kencana.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan Indonesia. Jakarta: IAI.

Institut Akuntan Publik Indonesia, 2011. Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Jakarta: Salemba Empat

Juliandi, Azuar, dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep & Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Keputusan Direksi PT. Bursa Efek Jakarta Nomor: Kep-306/BEJ/07-2004 Peraturan Nomor I-E

Keputusan Direksi PT. Bursa Efek Jakarta Nomor: Kep-307/BEJ/07-2004 Peraturan Nomor I-H

Nasution, Khiyanda Alfian. 2013. Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Ketepatan Waktu dalam Pelaporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011. Artikel. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Padang.

Permana, Alexius Edwin Verdi. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan, Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Lampung: Universitas Lampung.

Rahman, Arif. 2013. Panduan Akuntansi & Perpajakan. Jakarta: Transmedia.

Renata, Edo Putra. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Salinan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-346/BL/2011 Peraturan Nomor X.K.2

Sari M., Fitri Indah. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Property and Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Makassar: Universitas Hasanudin.

Setianto, Buddy. 2014. Panduan Investasi 2015 di Bursa Efek Jakarta. Jakarta: Bumisaka Kurnia.

Sugiyono, 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

------------ 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Wahyu Adhi Noor. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofilio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Yulianti, Ani. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v2i1.467

Article Metrics

Abstract - 800 PDF (Bahasa Indonesia) - 871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.