Pengaruh Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham dengan Price to Book Value (PBV) Sebagai Variabel Intervening

Anggri Pradana

Abstract


Perusahaan yang termasuk ke dalam Indeks LQ 45 merupakan perusahaan yang memiliki nilai likuiditas yang sangat baik dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Setiap 6 bulan terdapat perubahan saham-saham baru yang masuk ke dalam LQ 45. Hal ini tentu dengan adanya indeks LQ 45, akan berdampak baik pada minat investor dalam menanamkan modalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio Net Profit Margin, dan Price to Book Value terhadap harga saham pada perusahaan yang termasuk ke dalam LQ 45.

Metode penelitan menggunakan metode assosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi pada perusahaan Indeks LQ 45. Metode pengambilan sampel data penelitian ini menggunakan metode purposive samping. Jumlah sampel yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 31 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan data sekunder. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dan menggunakan uji asumsi klasik dengan analisis jalur menggunakan program spss 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Net Profit Margin (NPM) berpengaruh terhadap harga saham, Price to Book value (PBV) berpengaruh terhadap harga saham, Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) berpengaruh terhadap harga saham secara simultan, dan Price to Book Value (PBV) mampu memediasi hubungan antara Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v7i1.4681

Article Metrics

Abstract - 303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.