Analisis Cost Volume Profit (CVP) untuk Pecencanaan Laba pada Selabintana Hotel & Conference Resort
Abstract
Industri perhotelan saat ini sedang mengalami penurunan laba yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah terkait pandemi COVID-19, selain itu masalah klasik seperti kenaikan biaya setiap tahun dan semakin banyaknya pesaing juga mempengaruhi laba. Untuk membuat perencanaan laba yang baik manajer perlu memahami hubungan antara biaya, volume penjualan dan laba dengan menggunakan analisis biaya volume laba. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Selabintana Hotel & Conference Resort tidak menggunakan analisis cost volume profit untuk perencanaan labanya, perolehan laba menurun dari tahun 2018 dan rugi pada tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis cost volume profit, perusahaan perlu mencapai penjualan tahun berikutnya pada titik impas. Dengan mengurangi biaya, mencari bahan baku yang lebih murah, menghemat persediaan, dan membatasi pembelian. Untuk meningkatkan volume penjualan dapat melakukan promosi dan inovasi yang tidak memakan banyak biaya, sehingga pendapatan penjualan tidak banyak terserap ke dalam biaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v7i1.4772
Article Metrics
Abstract - 374Refbacks
- There are currently no refbacks.