ANALISIS PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Ika Dzawy Rosidah, Nady Nadya, Uswatun Hasanah, Sulistiawati Sulistiawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah-masalah yang sering muncul pada saat pembelajaran di kelas, khususnya matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menyeleidiki bagaimana gambaran kemampuan siswa dan permasalahannya dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Untuk memperoleh gambaran tersebut dilakukan penelitian dengan memberikan tes kepada peserta didik kelas VIII di SMP Nusa Putra Tangerang. Subyek penelitian ini sebanyak 21 orang, dengan pengambilan data dilakukan pada bulan November 2018. Teknik analisis data berupa analisis deskripsi untuk menjelaskan gambaran kemampuan peserta didik dan permasalahannya pada materi relasi dan fungsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam penguasaan materi relasi dan fungsi.


Full Text:

PDF

References


Herawati, Anita Suci.(2014).Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem GUI Matlab. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Jember.

Martinis, Yamin. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Retnaningsih, Wahyu Sekti, dkk. 2017. Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terkait Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inquiry dan Keterampilan Penulisan Laporan Ilmiah. Journal Universitas Mulawarman.

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreatifitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1682

Article Metrics

Abstract - 3034 PDF - 2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.