TEKA TEKI SILANG MATEMATIKA UNTUK KELAS 1 TINGKAT SEKOLAH DASAR SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Arif Rahman Hakim

Abstract


Pendidikan di Indonesia sudah dilaksanakan dengan baik dan terstruktur serta setiap warga negara dituntut untuk mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar. Perlahan namun pasti, secara bertahap, kualitas pendidikan di Indonesia terus membaik, namun tidak dapat dipungkiri masih terdapat berbagai kelemahan, baik dalam hal proses maupun hasil. Salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah lemahnya para guru dalam menggali segenap potensi peserta didik. Proses pendidikan yang baik seyogyanya dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk aktif dan kreatif. Agar dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam belajar, dibutuhkan perangkat pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu, untuk rangkaian kegiatan pembelajaran matematika, diusulkan gagasan agar kebutuhan perangkat pembelajaran di sekolah terpenuhi, yaitu dengan teka teki silang matematika. Artikel ilmiah berupa kajian pustaka ini disusun dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan tertulis perihal perangkat pembelajaran matematika berupa teka teki silang matematika. Tujuan daripada teka teki silang matematika adalah untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran matematika. Hasil yang dapat dicapai melalui artikel ini, yaitu beberapa alternatif teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar. Contoh teka teki silang yang ditampilkan dalam artikel ini dapat dijadikan rujukan untuk pelaksanaan inovasi pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Secara keseluruhan, artikel yang disusun ini dapat disimpulkan bahwa teka teki silang matematika dapat dijadikan alternatif perangkat pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengoptimalkan segenap potensi peserta didik, sehingga peserta didik akan lebih aktif dan kreatif dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2013). Pembelajaran matematika dengan menggunakan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Logaritma, 1(1): 1–14.

Anitah, S., Manoy, J. T., & Susanah. (2007). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Binangun, H.H. dan Hakim, A.R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2): 204–214.

Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N.P. (2017). Penggunaan teka teki silang sebagai strategi pengulangan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas XI IPS. Jurnal Pelangi, 9(2): 71–78.

Fajri, L., Martini, K.S., & Nugroho, A.C.S. (2012). Upaya peningkatan proses dan hasil belajar kimia materi koloid melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Times Games Tournement) dilengkapi dengan teka teki silang bagi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1): 89–96.

Fathonah, R.S., Sugiharto, & Utomo, S.B. (2013). Studi komparasi penggunaan media teka teki silang (TTS) dengan kartu pada pembelajaran kimia melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3): 68–76.

Hakim, A. R. 2017. Pembelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan bagi peserta didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 271-281. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Khalilullah, M. (2012). Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1): 15–26.

Laksmi, Pt.K., Sujana, I.Wyn., & Suryaabadi, I.B.Gd. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis otak (brain based learning) berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Jelantik. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1691

Article Metrics

Abstract - 2626 PDF - 2987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.