PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS QUIZIZZ PADA SISWA SMP

Siti Soleha, Aji Raditya, Barra Purnama Pradja

Abstract


Evaluasi belajar perlu dilakukan untuk mengukur ketercapaian siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi belajar matematika berbasis Quizizz pada materi Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dengan diuji keefektifannya. Alat evaluasi berbasis Quizizz dinyatakan layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan oleh hasil penilaian para ahli: 1) Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 12 termasuk dalam katagori sangat baik, 2) Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 12 termasuk dalam katagori sangat baik, dan 3) Validasi ahli pendidikan memperoleh skor rata-rata 24 termasuk dalam katagori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi alat evaluasi belajar berbasis Quizizz dinyatakan layak untuk diujicobakan. Adapun hasil dari uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa memperoleh skor rata-rata 42,82 termasuk dalam katagori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Abdorrakhman, G. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Buah Batu.

Alimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum. Prosiding Seminar Nasional, 23.

Azizah, E. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Tangerang.

Cahyaningtyas, A. W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Intreraktif Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Depok. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Evitasari, I. (2021, Desember). Pengertian, Penilaian Menurut Para Ahli. Retrieved from Ruang Guru: https://ruangguru.co/pengertian-penilaian-menurut-para-ahli

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica, 134.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidilkan. Saintifika Islamica , 134.

Hyronimus Lado, G. M. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1.

Julia, K. d. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D untuk Kelas Inklusi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Maju, 41.

Kamsiyatun. (2016). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas 1A SD Sidomekar 08 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pancaran, 92.

L, I. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran . ADAARA.

Mutia, A. S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Problem Based Learning Sebagai Implementasi Scientific Approach dan Penilaian Authenti. 172.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Tehadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Fibonacci, 9.

Pramita, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Schoology Pada Materi Persamaan Linier. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Putri, S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create Shere Pada Materi SPLDV. Tangerang: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rina Novalinda, A. d. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler Goal-oriented. Jurnal Pendidikan, 3.

Septiarini, F. N. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Multiple Intelligence Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. C. (2003). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6846

Article Metrics

Abstract - 442 PDF - 306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.