PENERAPAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Selfiana Purnama Sari, Soraya Djamilah, Arif Ganda Nugroho

Abstract


Penelitian ini tentang penerapan quizizz terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI Madrasah Aliyah pada materi limit fungsi. Tujuan pada penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan aplikasi quizizz terdapat perubahan terhadap pemahaman matematis siswa khususnya pada materi limit fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra-eksperimen dengan kelompok pre-test dan post-test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Objek pada penelitian ini adalah penggunaan quizizz dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas XI. Hasil penelitian adalah hasil posttest meningkat dibandingkan dengan hasil pretest siswa pada setiap indikator pemahaman matematis. Indikator pertama 17,777 menjadi 52,888, indikator kedua 20,987 menjadi 72,839, dan indikator ketiga 11,111 menjadi 98,148. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dengan menggunakan quizizz pada setiap evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi limit fungsi.


Full Text:

PDF

References


Amornchewin, R. (2018). "The Development of SQL Language Skil In Data Defition and Data Manipulation Languages Using Exercises eith Quizizz for Students' Learning Engagement". Indonesian Journal Of Informatics Education , 85-90.

Bahri. (2017). In Filsafat Pendidikan yang Membebaskan dalam Prespektif Pendidikan Islam.

Citra, C. d. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perjantoran iswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkanoran (JPAP), 8(2): 261-272.

Poerwadarminta. (2002). In Kamus Umum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putriningsi, E. d. (2021). Mengembangkan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Blanded Learning Di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 119-126.

Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengan Pandemi Pada Siswa SMA. 163-172.

Undang-Undang, R. (2003). In Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6848

Article Metrics

Abstract - 821 PDF - 655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.