PENGARUH KECERDASAN VISUAL-SPASIAL DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Windy Fitri Damayanti, Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Prahesti Tirta Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial dan kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Tangerang yang berjumlah 328 siswa, dengan sampel sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes dan kuesioner. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dari hasil uji t pada kecerdasan visual spasial diperoleh thitung = 1,994 dan ttabel = 1,666, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kreativitas dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,186 dan ttabel = 1,666, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dan menggunakan uji F dengan hasil Fhitung = 14,412 dan Ftabel = 3,12.  Hal ini berarti bahwa secara simultan kecerdasan visual spasial dan kreativitas siswa mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis.

 


Full Text:

PDF

References


Adlina, Azizah. (2020). Hubungan Kecerdasan Visual Spasial dengan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pekanbaru : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Alvionita, Ellen. (2021). Profil Kreativitas Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Gaya Belajar Visual Spatial Dan Auditory Sequential Di Mts Al Huda Bandung Tulungagung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Elvira, Nita. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Smp Muhammadiyah 47 Sunggal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Handayani, Heni. (2021). Analisis Kreativitas Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Di Sman 1 Srengat Blitar. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Octaviani, KD dkk. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal of Progressive Mathematics Education. Vol. 1 No. 1. Universitas PGRI Wiranegara. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/ijopme

Pebriawati, Yeni. (2019). Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Sdi Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Safitri, PT dkk. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Masa Pandemik Covid-19. Imajiner : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 4. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Hal. 312-321. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner

Safitri, PT. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP yang Memperoleh Model Pembelajaran Quick On The Draw dan Treffinger. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika). Vol 1 No 1a (2019). Universitas Muhammadiyah Tangerang. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina. 2018. Statistika penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Surani, Dewi. (2018). Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Siswa Kelas Vii Smpn 1 Sidomulyo. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Lampung : Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan.

Ulum, Nafi’atul. (2020). Konsep Kecerdasan Majemuk Perspektif Howard Gardner dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan . Surabaya : UIN Sunan Ampel.

Yuliati, FA dkk. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Spasial dan Kemampuan Logis Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 3 No 5. Universitas PGRI Semarang. 418-427

http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner

(diakses 16 Februari 2022)

Zaekhah, Yrbayanti Putri. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Pembelajaran Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Dengan Pendekatan Saintifik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6849

Article Metrics

Abstract - 839 PDF - 499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.