PENGARUH PENGGUNAAN PORTAL RUMAH BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

Dian Krismiyanti, Lely Lailatus Syarifah, Dian Nopitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Portal Rumah Belajar terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan jenis Posttest Only Control Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Miftahul Jannah yang berjumlah 176 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 68 siswa dengan mengambil dua kelas yang masing-masing berisi 34 siswa. Kelas pertama sebagai kelas kontrol dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal tes kemampuan literasi matematis berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal. Pengujian hipotesis postest dalam penelitian ini menggunakan uji t, yang diperoleh hasil t hitung = 2,814 dan nilai t tabel = 1,996. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran portal rumah belajar terhadap tingkat kemampuan literasi matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Sudayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV

Aini, Y. I. (2021). “Pemanfaatan Rumah Belajar Pada Pembelajaran Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”. Jurnal Teknodik, 25(1), 81–93. Diakses dari https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785. (diakses pada 15 Februari 2022)

Hewi L dan Slaeh M. (2020). “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini)”. Diakses dari http://e- journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2018/12

(diakses pada 17 Februari 2022)

Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil Pisa 2018. (2019). Diakses dari http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia.pdf. (diakses pada 27 Januari 2022)

UU No 2 Tahun 1989. Diakses dari https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/591.pdf. (diakses pada 17 Februari 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6850

Article Metrics

Abstract - 200 PDF - 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.