ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI DAN MOTIVASI DIRI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi dan motivasi diri mahasiswa calon guru matematika melalui metode survei. Sampel atau subjek dalam penelitian ini merupakan 30 mahasiswa semester enam program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi matematika berupa 3 butir soal essay dan kuesioner motivasi belajar. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan numerasi dan motivasi diri mahasiswa calon guru matematika termasuk ke kategori sedang. Hal tersebut ditunjukan dengan presentase nilai rata-rata 80% kemampuan numerasi mencapai 9,53 dalam skala interval, dan motivasi belajar yang dimiliki dengan presentase nilai rata-rata 73,1% mencapai 99,7 dalam skala interval. Dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa 83,3% tinggi rendahnya kemampuan numerasi yang dicapai berkaitan dengan tingkat tinggi rendahnya motivasi belajar yang dimiliki.
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017) Buku guru matematika SMP/MTs kelas vii. Cetakan Ke-2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan matematika, 9(2). 237-247. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlisina, i., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. http://doi.org/10.30651/else.v3il.2541
Gerakan Literasi Nasional. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi”, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Handayani, R. D. (2017) Analisis Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan, 1(2), 32-42. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105222
Hartarik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32-42. https://doi.org/10.33086/ehdj.V5il.1456
Jamil, A. F., & Khusna, A. H., (2021). Pengembangan Asesmen Berorientasi Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Numerasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 178-186. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Jayusman, I., & Shavad, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20. http://doi.org/10.25157/ja.v71l.3180
Karim, I., Mariani, A., & Tohopi, M. R. (2019). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas III SD Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 1(1) http://doi.org/10.30869/jtii.v1il.298
Kriyantono. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. KENCANA PRENANDA MEDIA GROUP
Maulidina, A. P., & Prawiti, I. M. (2019). Profil kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Journal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020) STEM : Pengaruh terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66-73. http://doi.org/10.24042/ijsme.v3il.5448
Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249-262. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3732
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141-153. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/1196
Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Martiks Ditinjau Berdasarkan kemampuan Awal Matematika. Range : Jurnal Pendidikan matematika, 3(2), 129-145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021
Shintawati, E., & Jupri, A. (2018)Analysis of students’incorrect answers at triangle materials in the fifth-grade of primary school. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012145
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D, Alfabet Jakarta
Zulganef. 2006. Pedoman Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Bandung : Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6851
Article Metrics
Abstract - 1717 PDF - 1656Refbacks
- There are currently no refbacks.