ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI DAN MOTIVASI DIRI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Sinta Maemanah, Hairul Saleh

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi dan motivasi diri mahasiswa calon guru matematika melalui metode survei. Sampel atau subjek dalam penelitian ini merupakan 30 mahasiswa semester enam program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi matematika berupa 3 butir soal essay dan kuesioner motivasi belajar. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan numerasi dan motivasi diri mahasiswa calon guru matematika termasuk ke kategori sedang. Hal tersebut ditunjukan  dengan presentase nilai rata-rata 80% kemampuan numerasi mencapai 9,53 dalam skala interval, dan motivasi belajar yang dimiliki dengan presentase nilai rata-rata 73,1% mencapai 99,7 dalam skala interval. Dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa 83,3% tinggi rendahnya kemampuan numerasi yang dicapai berkaitan dengan tingkat tinggi rendahnya motivasi belajar yang dimiliki.


Full Text:

PDF

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017) Buku guru matematika SMP/MTs kelas vii. Cetakan Ke-2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan matematika, 9(2). 237-247. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlisina, i., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. http://doi.org/10.30651/else.v3il.2541

Gerakan Literasi Nasional. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi”, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Handayani, R. D. (2017) Analisis Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan, 1(2), 32-42. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105222

Hartarik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32-42. https://doi.org/10.33086/ehdj.V5il.1456

Jamil, A. F., & Khusna, A. H., (2021). Pengembangan Asesmen Berorientasi Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Numerasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 178-186. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Jayusman, I., & Shavad, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20. http://doi.org/10.25157/ja.v71l.3180

Karim, I., Mariani, A., & Tohopi, M. R. (2019). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas III SD Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 1(1) http://doi.org/10.30869/jtii.v1il.298

Kriyantono. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. KENCANA PRENANDA MEDIA GROUP

Maulidina, A. P., & Prawiti, I. M. (2019). Profil kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Journal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020) STEM : Pengaruh terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66-73. http://doi.org/10.24042/ijsme.v3il.5448

Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249-262. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3732

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141-153. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/1196

Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Martiks Ditinjau Berdasarkan kemampuan Awal Matematika. Range : Jurnal Pendidikan matematika, 3(2), 129-145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021

Shintawati, E., & Jupri, A. (2018)Analysis of students’incorrect answers at triangle materials in the fifth-grade of primary school. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012145

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D, Alfabet Jakarta

Zulganef. 2006. Pedoman Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Bandung : Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6851

Article Metrics

Abstract - 1025 PDF - 990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.