ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI SPLDV

Alfina Salsabila, Barra Purnama Pradja, Sigit Raharjo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kemampuan Koneksi Matematis siswa SMK kelas X OTKP pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berasal dari kelas X OTKP SMK Tangerang Global sebanyak 30 orang dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yang mewakili dari setiap kategori tinggi, sedang, dan rendah. Bentuk pengumpulan datanya yaitu dengan memberikan soal tes uraian tertulis sebanyak 3 butir soal pada materi SPLDV dan wawancara. Hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis dengan kategori tinggi mencapai 23%, siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis dengan kategori sedang mencapai 60%, dan siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis dengan kategori rendah mencapai 17%. Kemudian kemampuan koneksi matematis kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator. Kemampuan koneksi matematis kategori sedang mampu memenuhi 2 indikator yakni menghubungkan keterkaitan antar topik dalam matematika maupun diluar matematika dan mengaitkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari- hari, dan kemampuan koneksi matematis rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator yakni mengaitkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisisnya, didapatkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa SMK Tangerang Global kelas X OTKP pada materi SPLDV tergolong sedang.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178.

Angelina, M & Effendi, K. A. ., Awwalin, A. A., & Hidayat, W. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.383-394.

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECEMASSAN BELAJAR PADA SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 15–22.

Idul Adha, I. A. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTS Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Maulyda, M.A., 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malanh: Cv. Irdh Malang. ISBN: 978-623-7718-04-8. Diakses dari : https://www.researchgate.net/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM. (diakses 18 Januari 2022)

Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan koneksi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Nurjanah S. 2018. "Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rohmah, H. F., & Warmi, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 469–478.

Suhadi, Erine.Y. 2020. "Analisis Kemampuan Koneksi Matematis siswa Pada Materi Bilangan Pecahan". Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6853

Article Metrics

Abstract - 439 PDF - 331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.