MOTIVASI BELAJAR DI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING

Rofif Mahardhika Putra, Widayati Widayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika siswa kelas VIII C di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dari 33 peserta didik kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Gamping ada 29 peserta didik yang menjawab angket, terdapat 13 pernyataan yang diberikan oleh peneliti. Selain itu, peneliti melakukan wawancara dengan 5 peserta didik. Peserta didik merasakan kesulitan belajar matematika, dimana matematika itu sendiri membutuhkan tingkat pemikiran nalar yang tinggi dan motivasi. Sehingga dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika perlu dijelaskan lebih baik lagi bisa berupa pendekatan siswa dengan guru, dan contoh soal dari guru agar peserta didik lebih paham dengan materi yang diberikan oleh guru.


Full Text:

PDF

References


Hakim, D. L. (2014). Effort to improve student learning ourcomes by using cooperative learning type of student teams achievement division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences, May, 135–142.

Komsiyah, I. (2012). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Skinner, B.F. (2013). Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprihatin, S. (2015). Berkualitas Dan Berdaya Saing. | 73. Jurnal Promosi, 3(1), 73–82.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6856

Article Metrics

Abstract - 172 PDF - 166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.