PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Novia Wulansari, Aji Raditya, Rika Sukmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan media aplikasi Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode one test one group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Alhusna Ypihn Curug, dengan sampel kelas VIII.6 MTS Al husna Ypihn Curug yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk essay 5 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis dengan pretest dan posttest dalam penelitian ini menggunakan N-Gain. rata-rata pretest adalah 26.17, rata rata posttest adalah 73.82 dan rata-rata N gain score dan N gain persen adalah 0,64 dan 64,21. Berdasarkan hasil output independent sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 dari 0.05 maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest.


Full Text:

PDF

References


Asmar.Ali, Delyana.Hafizah. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Sofware Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 221-230.

Dara Puspita Dewi, Dinar Mediyani, Wahyu Hidayat, Euis Eti Rohaeti, Tommy Tanu Wijaya. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6.

Faradisa,Miftah. M. Sulistio.Z. Ayu, Yeni Astri. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Meteri Poligon dan Sudut Sebagai sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation.

Faradisa,Miftah. Z,M.Sulistio. Ayu,Yeni Astri. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation, 166-172.

Farida,Nur. Suwanti,Vivi. Sumadji. (2021). Pelatihan Media Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa SMA. J-ADIMAS, 11-18.

Gusmawan, Dendy Maulana. Priatna, Nanang. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Multimedia , 93-100.

Hadi,Muhamad Suseno . Fattah,Ahmad Hussein. Rizta,Amrina. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Junal Inovasi Pendidikan Matematika , 65-74.

Khoiriyah,Siti. Pitaloka,Dian Ani. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika .

Latri. Juhari, Agusalim. Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga. Hartoto. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Geogebra Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 169-179.

Lihu,Ikram. Ma'rufi. Ilyas,Muhammad. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan

Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 6 Palopo. Jurnal Penelitian Msatematika dan Pendidikan Matematika, 39-52.

Mujib. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode pembelajaran Improve. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika , 167-180.

Nurseto,Tejo.(2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol 8 No 1

Nuryanti,Lilis. Zubaidah,Siti.Diantoro,Markus. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 155-158.

Pakpahan,Ester Mariana. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Visual Thinking Dalam Pembelajaran Kontekstual . Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan .

Petrina,Hana Ulva. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Algebrator untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika .

Putri,Anike. (2018). Profil Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 793-801.

Saputra, Hardika . (2020). Kemampuan Berfikir Kritis. Perpustakaan IAI Agus Salim .

Tafonao,Talizaro. (Juli 2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Junal Komunikasi Pendidikan.

Wondo, Maria Trisna Sero. Mei,Maria Fatima. Seto,Stefania Baptis. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 163-171.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6857

Article Metrics

Abstract - 539 PDF - 524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.