PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PENDEKATAN TPACK
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia merupakan zona yang terdampak akibat wabah COVID-19. Dalam pendidikan, motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor yang terdampak. Dari hasil wawancara dan observasi terlihat bahwa adanya penurunan motivasi siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas yang tujuannya untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa apabila peneliti menggunakan model problem based learning pendekatan TPACK. Subyek penelitian siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta kelas XI MIPA 3. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, kuisioner, dan wawancara. Dari hasi penelitian diketahui ada peningkatan persentase motivasi belajar siswa yaitu 15% dari 67% (Sedang) hasil siklus I menjadi sebesar 82% (Tinggi) hasil siklus II. Disimpulkan dari data hasil penelitian bahwa model problem based learning dengan pendekatan TPACK meningkatkan motivasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ain, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matawai Iwi. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6-12.
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/5289
Arief, H. S., Maulana, M., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2945
Arifin, M. & Abduh, M. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Jurnal Basicedu, 5(4), Hal 2339-2347. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Cahyani, A. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/57
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/3158/1604
Lukita, D & Sudibjo, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), https://uia.e-journal.id/akademika/article/1271
Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599
Prasetyo, T. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 13-18. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/1919
Rozy, F. A. (2021). Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 739-749. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 11-18. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/9830
Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas Xii-Iis-1 Sma Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2). http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2498
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/878
Vania Rosa, Dini Afrianti Efendi. 2020. Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.com https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/32676
Wibowo, E. W. (2021). Problem Based Learning berbantuan Media Powepoint pada Pembelajaran Tematik: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 57-68. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3836
Winata, I. K., (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13-24. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Yunansah, H., Darwis, M., & Rifai, A. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata di Kelas X SMK Mandiri Kraksaan ProbolinggoJawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 1-9. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/120
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6858
Article Metrics
Abstract - 4580 PDF - 4719Refbacks
- There are currently no refbacks.