PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PENDEKATAN TPACK

Nurhati Suci Tama, Sumargiyani Sumargiyani

Abstract


Sistem pendidikan di Indonesia merupakan zona yang terdampak akibat wabah COVID-19. Dalam pendidikan, motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor yang terdampak. Dari hasil wawancara dan observasi terlihat bahwa adanya penurunan motivasi siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas yang tujuannya untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa apabila peneliti menggunakan model problem based learning pendekatan TPACK. Subyek penelitian siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta kelas XI MIPA 3. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, kuisioner, dan wawancara. Dari hasi penelitian diketahui ada peningkatan persentase motivasi belajar siswa yaitu 15% dari 67% (Sedang) hasil siklus I menjadi sebesar 82% (Tinggi) hasil siklus II. Disimpulkan dari data hasil penelitian bahwa model problem based learning dengan pendekatan TPACK meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Ain, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matawai Iwi. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6-12.

https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/5289

Arief, H. S., Maulana, M., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2945

Arifin, M. & Abduh, M. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Jurnal Basicedu, 5(4), Hal 2339-2347. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Cahyani, A. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/57

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/3158/1604

Lukita, D & Sudibjo, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), https://uia.e-journal.id/akademika/article/1271

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599

Prasetyo, T. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 13-18. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/1919

Rozy, F. A. (2021). Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 739-749. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/654

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 11-18. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/9830

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas Xii-Iis-1 Sma Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2). http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2498

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/878

Vania Rosa, Dini Afrianti Efendi. 2020. Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.com https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/32676

Wibowo, E. W. (2021). Problem Based Learning berbantuan Media Powepoint pada Pembelajaran Tematik: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 57-68. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3836

Winata, I. K., (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13-24. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Yunansah, H., Darwis, M., & Rifai, A. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata di Kelas X SMK Mandiri Kraksaan ProbolinggoJawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 1-9. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/120




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6858

Article Metrics

Abstract - 3664 PDF - 3175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.