PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fitri Riyani, Rukmono Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survei dengan hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Subjek populasi pada penelitian ini berjumlah 198 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh 66 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki gaya belajar kinestetik yang dicapai oleh 32 siswa dengan persentase 48,48%. Mayoritas siswa memiliki hasil belajar pada kategori sedang yang dicapai oleh 45 siswa dengan persentase 68,18%. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan dibuktikan bahwa nilai F hitung = 7,901 > F tabel = 2,75 dan nilai Signifikansi = 0,00 < α = 0,05. Besar pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 27,7% sedangkan sisanya sebesar 72,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar gaya belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N., M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Anas, A., & Munir, N. P. (2016). Pengaruh gaya belajar VAK terhadap hasil belajar matematika siswa. Prosiding, 2(1).

Andriani, S. (2020). Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal on Teacher Education, 1(2), 33-38.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.

Janie, Dyah Nirmala Arum. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press

https://repository.usm.ac.id

Muniroh, S. H, (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Sisa Kelas VII SMP Pada Materi Bangun Datar. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Nururohmah. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

http://repo.uinsatu.ac.id/5389/

Setyawan, A., Hadijati, M., & Switrayni, N. W. (2019). Analisis Masalah Heteroskedastisitas Menggunakan Generalized Least Square dalam Analisis Regresi. Eigen Mathematics Journal, 1(2), 61-72.

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 29.

Sundayana, H. R, (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6859

Article Metrics

Abstract - 996 PDF - 481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.