PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Fadylah Akbar Nugraha, Januar Abdilla Ayunda Sidik, Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Sigit Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK melalui Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi persamaan linier dua variabel. Peningkatan ditinjau berdasarkan kemampuan peserta didik menjawab pertanyaan yang telah disusun berdasarkan aspek kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan memberikan soal pre-test dan post-test. Sample penelitian melibatkan siswa kelas X SMK Dharma Siswa yang terdiri dari kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian menggunakan soal berbentuk esai sebanyak 5 butir pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji t hitung > t table disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan nilai signifikansi 0.05 dengan interaksinya yaitu 2,375 berarti terdapat pengaruh pembelajaran RME terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M Pd. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Amalia, Nadya Rizky, Noor Fajriah, dan Asdini Sari. 2019. “Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Menggunakan Permasalahan Open-Ended.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 177.

Ananda, Rizki. 2018. “Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 125–33.

Dilla, Siska Chindy, Wahyu Hidayat, dan Euis Eti Rohaeti. 2018. “Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(1): 129.

Hamzah, Ali. 2016. “Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika.”

Ismunandar, D. et al. 2020. “Creative thinking skill of students through realistic mathematics education approach.” Journal of Physics: Conference Series 1657(1).

Kadarisma, Gida, dan Euis Eti Rohaeti. 2019. “PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMK Salah Satu Kota CIMAHI KELAS XI RPL TAHUN AJARAN 2018 / 2019 PADA MATERI SPLDV.” 2: 1746–54.

Meika, Ika, dan Asep Sujana. 2017. “Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 10(2): 8–13.

Moma, La. 2017. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 36(1): 130–39.

Siregar, Rama Nida, Abdul Mujib, Hasratuddin, dan Ida Karnasih. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik.” Edumaspul Jurnal Pendidikan 4(1): 56–62.

Suastika, Ketut. 2021. “Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students’ Creativity.” International Electronic Journal of Mathematics Education 12(3): 569–77.

Utami, Wija, dan Muhammad Ilyas. 2019. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Palopo.” Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 86–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6860

Article Metrics

Abstract - 303 PDF - 404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.